Galih Priatmojo
Penyerang Rusia, Artem Dzyuba selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Siprus, Senin (14/10/2019). [NICOSIA, CYPRUS]

Bolatimes.com - Sukses mencukur tuan rumah Siprus pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup I, Rusia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eriopa 2020. Pada laga yang dihelat di GSP Stadium, Nicosia, Senin (14/10/2019) dini hari WIB tersebut skuat Beruang Merah menang 5-0.

Kemenangan itu membuat Rusia kini telah mengumpulkan 21 poin di posisi kedua klasemen Grup I, atau tak mungkin dikejar oleh Siprus (10) yang menempati urutan ketiga dengan dua matchday tersisa di babak kualifikasi ini.

Sebelumnya dari Grup I, Belgia pada pekan lalu memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Belgia saat ini memuncaki klasemen sementara Grup I dengan raihan 24 poin.

Baca Juga:
Persebaya U-20 Tak Menyangka Disambut Meriah Bonek usai Juara Liga 1 2019

Kembali ke laga Siprus vs Rusia, winger Denis Cheryshev menjadi inspirator kemenangan telak Tim Beruang Merah kali ini.

Mantan winger Real Madrid yang kini memperkuat Valencia itu menyumbang dua gol serta dua assist untuk Rusia, sebagaimana Siprus sudah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-27.

Bertandang ke GSP Stadium, Rusia tampil sangat dominan dengan memiliki 69 persen penguasaan bola sepanjang laga, dan mampu membuka keunggulan atas tuan rumah saat pertandingan baru berusia sembilan menit lewat gol Cheryshev dari sudut sempit.

Baca Juga:
Sungguh Terlalu, Pemain Leicester City Ini Terciduk Main Judi saat Sakit

Keunggulan itu sukses digandakan oleh Rusia pada menit ke-22 saat umpan Cheryshev diselesaikan dengan baik oleh Magomed Ozdoev.

Lima menit setelah gol kedua Rusia, Siprus mendapat kerugian setelah pelanggaran keras yang dilakukan Kostas Laifis terhadap Sergey Petrov berujung kartu merah.

Pun demikian, keuntungan jumlah pemain baru bisa dimanfaatkan oleh Rusia untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-79, saat striker Artem Dzyuba mencetak gol lewat tandukan jarak dekat menyambut umpan silang Cheryshev.

Baca Juga:
Indonesia Kalah Tipis dari Yordania 0-1

Pada menit ke-88, Aleksander Golovin mencetak gol keempat Rusia memanfaatkan umpan dari Dzyuba, sebelum kemudian pada injury time Cheryshev mencetak gol keduanya demi memastikan kemenangan tim tamu menjadi 5-0 atas Siprus.

Rusia kini menyusul Belgia dan Italia menjadi negara ketiga yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain

Baca Juga:
Real Madrid Siapkan Mahar Segini Demi Datangkan Gelandang Ajax Amsterdam

Siprus (3-5-2): Constantinos Panayi (Urko Pardo); Charis Kyriakou, Giorgios Merkis, Konstantinos Laifis; Ioannis Kousoulos, Michalis Ioannou, Kostakis Artymatas, Matija Spoljaric (Fotios Papoulis), Nicolas Ioannou; Panayiotis Zachariou (Renato Margaca), Ioannis Kosti.

Rusia (4-3-3): Guilherme; Sergey Petrov (Vyacheslav Karavaev), Andrey Semenov, Georgiy Dzhikiya, Fedor Kudryashov; Aleksandr Golovin, Ilzat Akhmetov (Daler Kuzyaev), Magomed Ozdoev; Aleksey Ionov (Zelimkhan Bakaev), Artem Dzyuba, Denis Cheryshev.

Load More