Rauhanda Riyantama
Timnas Italia/Instagram

Bolatimes.com - Timnas Italia melakukan tradisi nyeleneh di seragam kebesarannya. Melalui Puma, selaku produsen jersey, Gli Azzurri resmi meluncurkan seragam kandang berwarna hijau pada Senin (7/10/2019).

Peluncuran jersey ini sekaligus menghentikan tradisi warna biru yang sudah berjalan selama puluhan tahun. Namun, ada makna mendalam di balik warna hijau tersebut.

Mengutip dari Give Me Sport, jersey warna hijau itu bertema Renaissance. Artinya, menyambut generasi baru yang penuh talenta, baik dari sikap, mental, hingga skil bermain.

Baca Juga:
Resmi Pensiun, Ini Catatan Rekor dan Perjalanan Karier Schweinsteiger

Renaissance sendiri merupakan masa kejayaan Italia yang terefleksi dari kegiatan seni dan budaya. Sekaligus menjadi penanda perubahan dari abad pertengahan menuju abad modern.

Selain itu, ada makna lain di balik perubahan warna tersebut. Yakni terinspirasi dari periode bersejarah saat Italia mencukur Argentina 2-0 di Stadion Olimpico pada 1954, yang mana menjadi satu-satunya momen saat La Nazionale mengenakan jersey warna hijau.

Jersey baru Timnas Italia berwarna hijau. (Instagram/pumafootball)

Desain jersey baru ini pun mengusung model kerah dengan warna hijau secara keseluruhan. Hanya logo Puma dan lambang Timnas Italia yang berwarna emas, sementara pada bagian kerah dan ujung lengan dibalut warna biru tua.

Baca Juga:
PSSI Legowo Didenda Ratusan Juta oleh FIFA

Rencananya, jersey warna hijau ini akan dipakai Timnas Italia saat menghadapi Yunani pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Laga tersebut akan digelar di Stadion Olimpico, Minggu (13/10/2019) dini hari WIB.

Akan tetapi, jersey warna hijau ini hanya dipakai hingga Maret 2020, yakni sebelum gelaran Piala Eropa 2020. Saat putaran final digelar, Puma akan meluncurkan seragam baru lagi berwarna biru, dan yang warna hijau akan digunakan untuk seragam ketiga.

Baca Juga:
Eks Juru Taktik Fiorentina Disebut Jadi Pengganti Giampaolo di AC Milan

Load More