Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Lionel Messi meraih trofi penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019 di seremoni The Best FIFA Football Awards di Milan. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Bolatimes.com - Terpilihnya Lionel Messi sebagai Pemain Terbaik FIFA 2019 memunculkan sebuah polemik. Ada dugaan kecurangan di balik penghargaan yang diterima bintang Argentina tersebut.

Menurut Football Italia, ada surat pemilihan suara yang dimanipulasi untuk kemenangan Lionel Messi. Salah satunya suara dari kapten Timnas Nikaragua, Juan Barrera.

Juan Barrera mengaku tidak menggunakan hak suaranya di pemilihan Pemain Terbaik FIFA 2019. Namun, tiba-tiba di dalam data FIFA, namanya tercantum dan memberikan hak suara kepada Messi.

Baca Juga:
Terkuak, Ini Alasan Fatih Chabanto Bersedia Jadi CEO PSS Sleman

FIFA secara tegas membantah isu manipulasi yang tengah berkembang sekarang ini. Melalui juru bicaranya, FIFA mengaku sudah menerima surat suara dengan sah, termasuk dari Federasi Sepak Bola Nikaragua.

"Kami telah memeriksa dokumen surat suara yang diberikan oleh FA Nikaragua dan semua dokumen ditandatangani dan dikonfirmasi dengan cap resmi FA Nikaragua," kata juru bicara FIFA kepada ESPN.

"Setelah membandingkan dengan lembar suara yang diberikan oleh federasi dan yang kami publikasikan di FIFA.com, kami mengonfirmasi bahwa kami memiliki suara yang benar ditandatangani oleh pemain. Kami meminta FA Nikaragua untuk menyelidiki masalah ini," lanjutnya.

Baca Juga:
Ini Lima Pemain yang Diramal Bisa Lepaskan Spurs dari Nasib Sial

Selain kejanggalan dari suara Juan Barrera, keanehan juga diterima oleh Federasi Sepak Bola Mesir (EFA). Dua suara dari pelatih Shawky Gharib dan kapten Ahmed Elmohamady untuk Mohamed Salah dianggap tidak sah karena kesalahan redaksional.

Pelatih Timnas Sudan, Zdravko Logarusic, juga merasakan kejanggalan. Dalam surat pemilihan, ia memberikan hak suara kepada Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Kylian Mbappe. Namun, pilihannya berubah menjadi Messi, Virgil van Dijk, dan Mane.

Namun, sampai saat ini, FIFA tetap mengakui Lionel Messi sebagai pemenangan penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019. Ia berhasil mengantongi 46 suara. Bintang Barcelona itu unggul banyak dari Virgil van Dijk (38 suara) dan Cristiano Ronaldo (36 suara).

Baca Juga:
Dua Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final Korea Open 2019

Load More