Arsito Hidayatullah
Bintang FC Barcelona, Lionel Messi. (Pau Barrena/AFP)

Bolatimes.com - Bukan saja bagi fans klub itu, namun mungkin juga di mata pecinta sepak bola dunia, Lionel Messi adalah bintang paling top dunia yang patut dibanggakan FC Barcelona. Tapi itu tidak akan berlangsung selamanya, dan bahkan Presiden FC Barcelona pun menegaskan bahwa pihaknya sudah bersiap jika Messi memutuskan pensiun.

Penegasan itu disampaikan oleh Josep Maria Bartomeu, sang presiden klub, sebagaimana dilansir Sport360 yang mengutip Reuters, Senin (29/7/2019). Bartomeu pun mengaku bahwa direkrutnya beberapa pemain papan atas, termasuk Antoine Griezmann, adalah bagian dari antisipasi kehilangan Messi tersebut.

Bisa dikatakan bahwa Bartomeu memastikan FC Barcelona sudah siap mengantisipasi "hidup tanpa Messi". Diketahui, bintang Argentina berusia 32 tahun itu sendiri sejauh ini masih dalam kondisi prima dan sama sekali belum memudar. Namun Bartomeu jelas menyadari bahwa tak ada yang abadi.

Baca Juga:
Buntut Copa America, Conmebol Perpanjang Sanksi Lionel Messi

"Saya kira kami memiliki kewajiban untuk menyiapkan rencana era pasca-Messi," ungkap Bartomeu. "Dan kami memang sudah memikirkan hal itu dengan merekrut beberapa pemain (bintang) baru," sambungnya.

Sebelum Griezmann, diketahui bahwa Barcelona juga sudah merekrut beberapa pemain high profile di dua musim terakhir, antara lain misalnya Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Meski kehadiran mereka masih kerap dinilai por dan kontra, Bartomeu menegaskan bahwa mereka sebenarnya adalah bagian dari rencana FC Barcelona jika Messi memutuskan pensiun.

"Sebagai presiden klub, saya berharap bahwa Leo akan tetap bersama kami bertahun-tahun lagi. Tapi kami harus memikirkan (kemungkinan) perubahan ketika dia (Lionel Messi) akhirnya memutuskan untuk tidak bermain lagi," tegas Bartomeu.

Baca Juga:
Bisa Main Bola Bareng Lionel Messi, Begini Penjelasan Mackenzie O'Neill

Artikel ini sebelumnya juga terbit di kanal Bola Suara.com.

Load More