Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Bek Virgil van Dijk (tengah) bersama para pemain Liverpool lainnya melakukan parade juara Liga Champions dengan bus terbuka yang disambut oleh ribuan suporternya di jalan jalan kota. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Virgil van Dijk dapat dukungan untuk memenangkan Ballon d'Or 2019 dari salah satu legenda Timnas Brasil, Ricardo Kaka. Eks penggawa Real Madrid itu menilai, van Dijk pantas mendapatkan penghargaan itu setelah melewati perjalanan yang luar biasa di musim ini.

Tercatat Virgil van Dijk sukses membantu Liverpool finis di posisi kedua Liga Primer Inggris musim 2018/2019. Ia juga memainkan peran penting dalam kemenangan final Liga Champions. Pada musim ini, ia sudah tampil sebanyak 50 pertandingan dan menciptakan enam gol.

Tidak hanya itu, bek berambut ikal itu juga berhasil membawa Timnas Belanda lolos ke final UEFA Nations League setelah menyingkirkan Inggris. Ia berpeluang menambah koleksi trofinya jika mampu mengalahkan Portugal di partai puncak.

Baca Juga:
Ini Tebusan yang Harus Dibayar Real Madrid untuk Boyong Eden Hazard

Performa mengkilat Van Dijk menarik perhatian Kaka. Pria yang pernah memenangkan Ballon d'Or 2007 itu menilai Van Dijk memiliki kualitas untuk memenangkan penghargaan sebagai pemain terbaik dunia.

"Apakah saya akan memilih Virgil van Dijk? Saya berdiskusi tentang itu dengan teman-teman dan saudara saya, dan nama yang kami pilih memang dia," kata Kaka, dikutip dari Sportskeeda.

Bek Timnas Belanda, Virgil van Dijk menghalau pergerakan penyerang Timnas Inggris, Raheem Sterling di babak semifinal UEFA Nations League, Jumat (7/6 2019) dini hari tadi. [MIGUEL RIOPA / AFP]

"Dia menjalani musim yang luar biasa di Liga Inggris. Juga berhasil menjuarai Liga Champions dan bermain hebat. Sekarang saatnya untuk memberikan penghargaan kepada pemain bertahan," tambahnya.

Baca Juga:
Bungkam Lin Dan Dua Gim Langsung, Jojo Melaju ke Semifinal Australia Open

Sudah 13 tahun tidak ada bek yang memenangkan Ballon d'Or. Terakhir kali Ballon d’Or dimenangi seorang bek adalah saat Fabio Cannavaro dinobatkan sebagai pemenang pada 2006 silam. Penghargaan itu diberikan setelah Cannavaro berhasil mengantarkan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia.

Load More