Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Wasit Damir Skomina ditunjuk untuk memimpin laga final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur 2 Juni mendatang. [EMMANUEL DUNAND / AFP]

Bolatimes.com - Damir Skomina didapuk sebagai wasit yang akan memimpin laga final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur. Penunjukan Skomina oleh Komite Wasit UEFA justru jadi ancaman bagi kedua tim finalis, kenapa? berikut fakta tentang sosok Damir Skomina.

1. Menjadi wasit saat usia 16 tahun

Skomina memulai karier wasitnya sejak usia 16 tahun. Dirinya juga jarang meloloskan insiden pelanggaran yang terjadi dilapangan. Dirinya resmi menjadi wasit FIFA pada 2002 dan menjadi wasit UEFA pada 2009.

Baca Juga:
Dendam Tiga Tahun Silam Diduga Jadi Pemicu Kerusuhan di Laga PSS vs Arema

Pemain PSG memprotes keputusan Wasit, Damir Skomina (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

2. Pertama kali pimpin final Liga Champions

Skomina memiliki riwayat memimpin lima kali pertandingan Liga Champions yang bergulir pada musim ini. Pertandingan terakhirnya adalah saat Manchester United mengalahkan PSG 3-1 di Paris pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Namun ia diketahui baru kali ini memimpin pertandingan final Liga Champions. Sebelumnya ia juga pernah memimpin partai final di Liga Europa 2017 dan Piala Super UEFA 2012.

Wasit UEFA, Damir Skomina bakal memimpin fina Liga Champions. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

3. Dikenal tegas

Baca Juga:
Faktor Ini yang Bikin Arema FC Takluk dari Tim Debutan PSS Sleman

Pria asal Slovenia itu dikenal tegas. Selain itu dirinya juga jarang memberi toleransi kepada pemain dan official klub mempertanyakan keputusannya. Pelatih Austria, Josef Hickersberg sempat menjadi korban dari ketegasan Skomina.

Wasit Damir Skomina, menolak protes yang dilemparkan pemain PSG, Marco Verrati. (ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP)

4. Ancaman bagi Liverpool dan Tottenham

Sejak memimpin laga di pertandingan Liga Eropa, Liverpool dan Tottenham selalu kesulitan saat dipimpin ayah dua anak itu. Skomina sudah tiga kali memimpin pertandingan Tottenham dan Liverpool lima kali. The Reds mengalami empat kekalahan saat dipimpinnya pada 2009/2010 lalu.

Baca Juga:
Akhiri Puasa Gelar Hampir Seabad, Lazio Rebut Coppa Italia 2018/2019

Sedangkan Tottenham tak pernah sekalipun menang saat menghadapi laga yang dipimpin oleh Skomania.

Bek Manchester United Victor Lindelof bersaing dengan bek Tottenham Hotspur Kieran Trippier selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur melawan Manchester United di Stadion Wembley, London,Inggris, Minggu (13/1). [AFP/Ian Kington]

5. Memiliki bisnis travel wisata dan agen properti

Dilansir dari Goal.com dalam keseharian Skomina ternyata juga mahir berbisnis. Ia menjalankan bisnis perjalanan wisata dan juga agen bisnis properti, real estate.

Baca Juga:
Ratu Tisha: PSSI Bakal Tindak Tegas Kericuhan di Laga PSS vs Arema FC

Wasit asal Slovenia, Damir Skomina memperhatikan VAR (Martin BUREAU / AFP)

 

Load More