Galih Priatmojo
Cristiano Ronaldo/Instagram

Bolatimes.com - Real Madrid baru saja mengalami kekalahan pertama sejak Zinedine Zidane kembali ke Santiago Bernabeu pertengahan pekan lalu. Kekalahan atas Valencia 1-2 di La Liga pekan ke-30 kemarin pun menambah panjang catatan minor yang didapat El Real semenjak ditinggal Cristiano Ronaldo.

Sejak Zidane memutuskan kembali ke Santiago Bernabeu beberapa waktu lalu, ekspektasi publik Madrid sedikit tercerahkan, apalagi juru taktik asal Prancis itu punya torehan apik bersama El Real.

Tapi kegembiraan itu sepertinya sementara harus tertunda jika melihat hasil laga terakhir kala Real Madrid takluk dari Valencia. Hasil itu tampaknya seperti menyentak para Madridista bahwa tim yang baru saja tersingkir dari ajang Liga Champions itu masih punya urusan yang urung selesai meski Zidane sudah datang.

Baca Juga:
Bukan Karena Dana, Ini Penyebab Timnas Indonesia Absen di Piala AFF U-15

Kekalahan atas Valencia pun menambah panjang daftar catatan minor yang didapat Los Blancos musim ini. Tercatat mereka sudah menelan 15 kekalahan musim ini.

Selain keok atas Valencia, Karim Benzema dkk sebelumnya sudah menelan sembilan kali kalah di ajang domestik, tiga kekalahan di Liga Champions, sekali kalah di Piala Super Eropa serta dua kali kalah di Copa del Rey.

Yang cukup jadi perhatian bahwa performa yang terus memburuk itu terjadi sepeninggal Cristiano Ronaldo yang memilih menyebrang ke Juventus di musim ini.

Baca Juga:
Miris! Tak Ada Duit Timnas Indonesia Terpaksa Absen di Piala AFF U-15 2019

Cristiano Ronaldo dengan Jersey barunya di Juventus (Sumber: Juventus)

Dan, kebetulan, nilai jeblok yang didapat Real Madrid ini mengulang catatan musim 2008/2009 silam. Real Madrid pun seperti kembali ke jaman purba tanpa kehadiran Ronaldo.

Seperti dilansir dari AS, di musim itu, Real Madrid juga tengah mengalami situasi yang kronis. Mereka menelan sebanyak 16 kekalahan sepanjang musim.

Namun semusim berikutnya, mereka sukses mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United. Walhasil, jumlah kekalahan Real Madrid menurun drastis.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Liga Primer Inggris Pekan ke-33

Cristiano Ronaldo. (Sumber: Givemesport.com).

Di era Ronaldo, Real Madrid ada di kisaran 5 sampai 7 kekalahan. Bila dibandingkan dengan yang terjadi musim ini, Real Madrid menderita dua kali lipat kekalahan seusia ditinggalkan Ronaldo.

Saat ini Real Madrid masih menyisakan sekitar delapan laga lagi. Mereka berada di posisi ketiga dengan torehan 57 poin selisih 13 poin dari pemuncak klasemen sementara, Barcelona.

Dengan sisa laga yang ada, jika tak beranjak bangkit, skuat asuhan Zinedine Zidane bukan tak mungkin menyaingi torehan minor di musim 10 tahun silam.

Baca Juga:
Kerap Dihina, Khabib Sebut Conor McGregor Jiwanya Sakit

Load More