Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Wasit Stuart Attwell. (Oli Scarff/AFP).

Bolatimes.com - Kepala Wasit UEFA, Roberto Rosetti, berencana memperbarui aturan terkait penggunaan VAR (Video Assistant Referee). Ia ingin para pemain yang menunjukkan gestur meminta VAR akan diberi peringatan atau kartu kuning.

VAR sudah mulai menjalar di berbagai kompetisi belahan dunia. Beberapa ajang kompetisi seperti Serie A hingga Piala Dunia sudah menerapkan ternologi terbaru dalam sepak bola tersebut.

Namun, dalam berjalannya VAR ada beberapa kekurangan dari yang dilihat oleh Roberto Rosetti. Salah satunya sikap 'manja' pemain yang kerap meminta VAR jika ada insiden di lapangan.

Baca Juga:
Diduga Match Fixing, Sesmenpora Dipanggil Satgas Anti Mafia Bola Hari Ini

Rosetti menunjukkan gambaran tersebut melalui aksi bek Timnas Inggris, Harry Maguire, pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Kolombia. Ia tampak membuat gestur layar televisi dengan tangannya sebagai isyarat agar wasit melihat VAR.

Gestur Harry Maguire saat meminta VAR di Piala Dunia 2018. (Dok. WorldNewsLive4You).

"Siapa pun yang menunjukkan gestur layar TV harus diberi peringatan. Dan jika mereka mengelilingi wasit, harus ada intervensi disipliner. Kami ingin ada aksi dalam situasi in," kata Rosetti seperti dilansir Sky Sports.

UEFA juga tak ingin VAR kerap digunakan pada pertandingan. Penggunaan VAR yang terlalu sering dianggap bisa mengganggu jalannya pertandingan.

Baca Juga:
Main Kasar, Gerard Pique Geram Sergio Ramos Tak Dapat Kartu Merah

"Kami tidak mau menghancurkan semangat sepakbola dengan tiga atau empat interupsi di setiap pertandingan. Harus ada gambar yang jelas untuk kejadian yang jelas," tuturnya menutup.

Load More