Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Timnas Qatar berhasil menjuarai Piala Asia 2019. Namun siapa sangka, 14 tahun silam, The Maroon pernah dikalahkan Timnas Indonesia.

Qatar mengejutkan publik Asia setelah berhasil menjuarai Piala Asia 2019. Bagaimana tidak, Qatar yang tidak memiliki sejarah apapun di ajang ini mampu menjungkalkan Jepang dengan skor meyakinkan 3-1 Stadion Zayed Sport City, Uni Emirates Arab, Jumat (1/2/2019).

Tiga gol Qatar diciptakan oleh Almoez Ali pada menit ke-12, Abdulaziz Hatem (27') serta penalti Akram Afif (83'). Sementara itu, satu gol balasan Jepang dilesakkan oleh Takumi Minamino (69').

Baca Juga:
Marouane Fellaini Gabung Klub yang Pernah Diimbangi Arema

Keberhasilan dalam menjuarai Piala Asia adalah sejarah baru bagi Qatar. Prestasi Abdulaziz Hatem dan kolega semakin sempurna karena mampu menyapu berhasil tujuh laga tanpa kekalahan.

Tidak hanya itu, gawang Qatar yang dikawal oleh Saad Al Sheeb juga hanya satu gol dibobol, yakni dari Takumi Minamino, bintang juara empat kali Jepang pada partai final.

Namun, jika sedikit menilik ke belakang, Qatar dulunya hanyalah 'anak bawang' yang tidak terlalu diperhitungkan di kompetisi Asia. Bahkan, pada Piala Asia 2004, Qatar pernah dihajar oleh Timnas Indonesia dengan skor 2-1 pada laga perdana Grup A di Stadion Workers, Beijing, 18 Juli 2004.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap La Liga Pekan ke-22

Ketika itu gol kemenangan Indonesia dipersembahan oleh Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman, sedangkan satu gol balasan Qatar dicetak oleh M. Mohamed.

Kini Qatar telah berkembang sebagai kekuatan baru di Asia. Prestasi ini bisa membungkam segala kritik yang ada sekaligus menjadi persiapan penting sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Bali United Unggah Video Tentang Rindu, Bikin Netizen Meleleh

Load More