Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Timnas Vietnam di Piala Asia 2019. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Kerja keras serta keberuntungan tengah menghampiri Timnas Vietnam. Setelah menelan dua kali kekalahan beruntun, mereka akhirnya dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019.

Hasil itu didapat setelah The Golden Stars mampu meraih tiga poin ketika menang 2-0 atas Yaman di laga pamungkas fase Grup D di Hazza bin Zayed Stadium, Al Ain, Rabu (16/1/2019). Gua gol kemenangan Vietnam diciptakan oleh Nguyen Quang Hai dan Que Ngoc Hai.

Kemenangan atas Yaman adalah tiga poin satu-satunya yang didapatkan oleh Vietnam. Dua laga sebelumnya, mereka tumbang 2-3 dari Irak. Kemudian, pada pertandingan kedua dikalahkan Iran dengan skor 0-2.

Baca Juga:
Tak Main Kontra MU, Pemain Ini Ternyata Ditangkap Polisi

Dengan hanya bermodalkan tiga poin, Vietnam pun melaju ke babak 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik bersama tiga negara lainnya, yakni Bahrain, Kisrgistan, dan Oman.

Bahrain menjadi tim peringkat tiga terbaik paling top karena berhasil mengumpulkan empat poin. Sedangkan Vietnam, Oman, Kirgizstan, memperoleh poin yang sama, yakni tiga.

Sebenarnya, Vietnam memiliki poin serta selisih gol yang sama dengan Lebanon yang berada di posisi lima peringkat terbaik. Namun, karena mengoleksi kartu lebih sedikit, Vietnam akhirnya terpilih untuk melaju ke babak berikutnya.

Baca Juga:
Unai Emery Percaya Diri Bakal Bungkam Chelsea

Tabel peringkat tiga terbaik di Piala Asia 2019.

Dengan hasil tersebut, Asia Tenggara dipastikan memiliki dua wakil di babak 16 besar Piala Asia 2019, yakni Vietnam dan Thailand yang menjadi runner-up di Grup A.

Load More