Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Timnas Thailand di Piala Asia 2019. (Dok. FAT).

Bolatimes.com - Timnas Thailand lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019 setelah bermain sama kuat 1-1 melawan Uni Emirat Arab pada laga terakhir Grup A di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (14/1/2019).

Pada laga tersebut, Thailand sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Ali Mabkhout ketika laga baru berjalan tujuh menit. Striker 28 tahun itu sukses memanfaatkan bola muntah hasil dari sepakan Ismail Al Hamadi mencium mistar gawang.

Namun, Thailand tak patah arang. Setelah beberapa kali mencoba menembus pertahanan, pasukan Gajah Perang akhirnya mampu menyeimbangkan keadaan pada menit ke-42 lewat aksi Thitipan Puangchan.

Baca Juga:
Latihan Perdana PSS Sleman Dihadiri 9 Pemain, Termasuk Rekrutan Baru

Berawal dari umpan Chanatip Songkrasin kepada Teerasil Dangsa di area kotak 16, Puangchan sukses mencetak gol dengan tumit setelah menerima umpan dari Teerasil. Usaha Puangchan sempat ditepis oleh kiper Khalid Eisa, tetapi bola liar kembali disambar oleh gelandang 25 tahun tersebut. Skor pun berubah menjadi sama kuat 1-1.

Pada babak kedua, UEA lebih banyak menekan pertahanan Thailand. Namun, hingga 45 menit babak kedua usai tidak ada gol tambahan yang terjadi. Alhasil skor imbang menutup jalannya pertandingan.

Hasil tersebut membuat Thailand mengantongi poin empat dan lolos sebagai runner-up Grup A mendampingi Uni Emirat Arab yang berada di puncak dengan keunggulan satu poin.

Baca Juga:
Cakep, PSM Makassar Datangkan Pemain Asing Jebolan Real Madrid

Sebenarnya, Bahrain dan Thailand sama-sama mengemas empat poin. Pasukan Gajah Perang juga kalah dalam selisih gol. Namun, Teerasil Dangda dan kolega akhirnya mampu melaju ke babak 16 besar berkat head to head.

Keberhasilan ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Thailand karena sudah lama kesebelasan mereka tidak lolos dari fase grup Piala Asia. Terakhir kali mereka melaju ke sana, yakni pada edisi 1972 dan memenangkan medali perunggu.

Baca Juga:
Paulo Dybala: Level Messi dan Ronaldo Berada Jauh dari Pemain lain

Load More