Galih Priatmojo
Kylian Mbappe saat merayakan gol di UEFA Nations League melawan Belanda pada 9 September 2018 (Anne Christine Poujoulat/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Prancis nyaris kalah saat melakoni laga kontra Islandia di Stade du Roudourou, Jumat (12/10/2018) dini hari tadi. Beruntung Kylian Mbappe mampu menyelamatkan wajah kampium Piala Dunia 2018 lalu. Mbappe pun mencetak rekor di pertandingan itu.

Skuat Les Bleus hampir dipermalukan tamunya Islandia dalam laga bertajuk uji coba itu. Prancis tertinggal lebih dulu 0-2 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, juru taktik Didier Deschamps memasukkan Kylian Mbappe menggantikan Antoine Griezmann tepatnya di menit ke-60. Permainan Prancis pun berubah lebih agresif.

Baca Juga:
Kylian Mbappe Jadi Sampul Majalah Time, Ronaldo Kalah

Mbappe berperan sentral atas terciptanya dua gol penyeimbang untuk Prancis. Yang pertama, gol Prancis tercipta usai pemain Islandia, Holmar Oern Eyjolfsson membuat gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi bola muntah kiper Halldorsson yang menerima tendangan dari Mbappe. Lalu gol kedua Mbappe secara mantap mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses mengeksekusi penalti.

Berkat torehan sebiji golnya itu, Kylian Mbappe tak hanya menyelamatkan Prancis dari kekalahan tetapi juga menempatkannya sebagai pemain muda paling tajam se-Prancis.

Yap, dikutip dari catatan Opta, satu gol Mbappe ke gawang Islandia itu membuat Mbappe mencetak rekor. Ia menjadi pemain Prancis pertama yang mampu melesakkan 10 gol bersama timnas sebelum mencapai usia 20 tahun.

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Liga Inggris Pekan ke-9: Chelsea vs Man United

Tak berhenti di situ, satu gol lewat titik putih ke gawang Islandia itu juga mencatatkan rekor. Sebab gol itu menjadi yang pertama didapatnya lewat penalti dari total 68 gol yang sudah dikoleksi. Transfermarkt merinci, 68 gol yang dikoleksi Mbappe sepanjang kariernya terdiri dari 58 gol di level klub dan 10 di Timnas Prancis.

Load More