Dinar Surya Oktarini | Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi wasit saat menggunakan VAR. (Twitter/@UEFA).

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Eropa (UEFA) mengonfirmasi bahwa Video Assistant Referee (VAR) bakal segera digunakan di Liga Champions. Namun, debutnya baru akan dilakukan di Liga Champions musim 2019/2020.

Sebelumnya, penggunaan VAR di Liga Champions telah ramai diwacanakan. Meski demikian, UEFA baru akan memulai pada musim depan walau beberapa kompetisi top Eropa telah menerapkannya.

Selain di Liga Champions, UEFA juga menegaskan jika VAR akan diterapkan di kompetisi antar negara Eropa antara lain Piala Super Eropa 2019, Piala Eropa 2020, dan final UEFA Nations League 2021.

Baca Juga:
Lolos Perempat Final, Timnas Indonesia U-16 Wakili Asia Tenggara

''Kami percaya diri bahwa menerapkan VAR di bulan Agustus 2019 akan memberikan kami waktu yang cukup untuk meletakkan sistem yang kuat dan untuk melatih perangkat pertandingan, untuk memastikan penerapan VAR yang efisien dan sukses di UCL, kompetisi klub unggulan di dunia,'' kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin di Twitter resmi UEFA.

VAR memang teknologi yang tengah booming di dunia sepak bola. Fasilitas tersebut dinilai mampu membantu kinerja wasit untuk menimalisir kesalahan-kesalahan di lapangan.

Terkait VAR, FIFA telah menggunakan teknologi tersebut di Piala Dunia 2018 dan pernah mengujinya lebih dulu di Piala Konfederasi 2017. Sementara di kompetisi, Liga Australia menjadi kompetisi profesional pertama yang menggunakan VAR pada 2017 silam, diikuti Major League Soccer (MLS), Bundesliga, Serie A Italia, dan La Liga Spanyol.

Baca Juga:
Kiper Keturunan Indonesia Ini Torehkan Prestasi di Serie A

Load More