Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho (AFP)

Bolatimes.com - Manajer Manchester United, Jose Mourinho ternyata memiliki reputasi kurang apik di Jerman. Di negara juara Piala Dunia 2014 itu, ia lebih dianggap sebagai bahan lelucon.

Kabar tersebut diungkap oleh legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman, Lothar Matthaus. Sikap Jose Mourinho yang kerap mengeluhkan berbagai hal dan sikap capernya mambuat para orang Jerman ingin tertawa.

''Bos Manchester United (Mourinho) suka menjadikan dirinya fokus, bukan para pemain, sebagai mekanisme pertahanan. Kami juga melihatnya saat di Porto, Chelsea, Inter, dan Real Madrid bahwa dia memilih pertarungan untuk mengalihkan perhatian,'' kata Lothar Matthaus, dikutip dari Football.co.uk.

Baca Juga:
Pelatih AS Roma Ingin Luka Modric Menangkan Ballon d'Or 2018

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho saat melawan Burnley (Lindsey Parnaby/AFP)

''Di Jerman, kami menertawakannya. Mourinho hanya memilih topik untuk mengeluh, soal transfer, persiapan tim, pelatih saingan,'' imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah bermain untuk Inter Milan itu membandingkan kinerja Jose Mourinho dengan Pep Guardiola yang menangani Manchester City. Pep dianggap lebih bermutu, karena lebih banyak membicarakan tentang kinerja tim dibandingkan keluhan-keluhan.

''Dia (Guardiola) terobsesi dengan penguasaan bola, seperti di Bayern Munchen, dan tidak akan berkompromi dengan hal itu di Manchester City. Jose ingin disiplin, terutama dalam pertahanan. Pep percaya pada permainan menyerang. Itulah mengapa saya lebih suka menonton timnya,'' tuturnya menutup.

Baca Juga:
Pemain Wolfsburg Tunjukkan Aksi Sportif Usai Tendang Cameraman

Di sini lain, Lothar Matthaus memang terkenal sebagai pria yang sosok yang susah menjaga perkataan. Setidaknya julukan itu pernah dikatakan oleh Ribbeck, asisten pelatih Jerman Barat pada 1980.

''Bahkan ketika kami sedang mendiskusikan rencana makan, ia terus nyerocos,'' kata Ribbeck kala itu seperti dikutip dari The Guardian.

Baca Juga:
Inilah 23 Nama Pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia U-16

Load More