Galih Priatmojo
Gelandang Kroasia, Ivan Rakitic saat konferensi pers di Luzhniki Stadium, Moscow (13/7) [Odd Andersen/AFP]

Bolatimes.com - Masih ingatkah kala Ilja Spasojevic menolak tampil bersama Timnas Montenegro dan lebih memilih Timnas Indonesia yang justru bukan tanah kelahirannya?

Ternyata kasus serupa banyak terjadi di belahan dunia lainnya, bahkan dialami oleh sebagian pemain bintang.

Berikut ini empat pemain bintang yang tak bela tanah kelahirannya.

Samuel Umtiti

Keputusannya untuk membela Prancis tampaknya cukup memberi dampak yang baik bagi karirnya. Apalagi setelah Les Bleus berhasil meraih kampium Piala Dunia 2018.

Samuel Umtiti. (Sumber: twitter/@FIFAWorldcup).

Padahal Prancis bukanlah tanah kelahiran penggawa Barcelona ini.

Thiago Alcantara

Pemain yang memperkuat Bayern Munchen ini memiliki kisah yang cukup pelik perihal keputusannya membela Timnas Spanyol.

Pemain yang lahir di Italia ini merupakan putra salah satu legenda Brasil, Mazinho. Namun ia memiliki jalan takdir sendiri dengan tidak membela timnas tanah kelahirannya, Italia ataupun asal usul orangtuanya, Brasil.

Thiago Alcantara (Dok. Dailymail.co.uk/Galih)

Mantan penggawa Barcelona ini justru memilih membela timnas negeri matador. Alasannya terutama lantaran ia tumbuh dan besar di Spanyol.

Ia sudah berseragam Timnas Spanyol sejak U-21. Penampilannya yang apik mengantarkannya ke skuat utama di bawah besutan Vicente Del Bosque.

Ivan Rakitic

Salah satu penggawa Barcelona ini dikenal sebagai pemain Timnas Kroasia. Bersama Luka Modric dkk ia berhasil mengantarkan Kroasia untuk pertama kalinya mencicipi panasnya final Piala Dunia. Sayang di laga puncak Piala Dunia 2018 kemarin Kroasia harus kandas dari Prancis.

Ivan Rakitic/Instagram

Ivan Rakitic sendiri sebetulnya bukanlah asli Kroasia. Ia lahir di Swiss. Namun ia tampaknya lebih memilih membela Kroasia ketimbang tanah kelahirannya.

Diego Costa

Penyerang Atletico Madrid ini sempat jadi rebutan Brasil dan Spanyol. Namun pemain berusia 29 tahun ini akhirnya lebih memilih Spanyol ketimbang membela tanah kelahirannya yakni Brasil.

Diego Costa (Sumber: Twitter)

Costa sendiri dilahirkan di Lagarto, Sergipe, Brasil pada 7 Oktober 1988.

Load More