Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Kapten Scotlandia, Andy Robertson (AFP)

Bolatimes.com - Bek kiri Liverpool, Andy Robertson dinobatkan sebagai kapten baru tim nasional Skotlandia. Pemain 24 tahun itu absen di dua laga terakhir negaranya saat menghadapi Peru dan Meksiko karena membela klubnya di final Liga Champions musim 2017/2018.

Namun, dirinya akan memakai ban kapten timnas Skotlandia di bawah asuhan Alex McLeish dalam pertandingan persahabatan melawan Belgia dan laga UEFA National League melawan Albania.

Timnas Skotlandia menang tengah mencari kapten baru selepas pensiunnya kapten sebelumnya, Scott Brown.

Baca Juga:
Ronaldinho Minta Barcelona Pensiunkan Nomor 10 Milik Lionel Messi

Pelatih Alex McLeish sempat memberikan ban kapten Skotlandia itu ke beberapa pemain. Namun, baru-baru ini Robertson lah yang terpilih sebagai kapten permanen skuatThe Tartan Army yang baru.

Menanggapi penunjukan tersebut, Robertson mengaku senang dan merasa bangga dengan tanggung jawab baru di timnas Skotlandia. Ia merasa berada dalam puncak kariernya.

Andrew Robertson/Instagram

''Ini adalah hari yang sangat besar bagi saya. Saya sudah tidak sabar untuk memimpin tim ini di hari Jumat nanti dan juga memimpin mereka di masa depan,'' kata Robertson, dikutip dari Goal.

Baca Juga:
Kabar Baik! Luis Milla Kembali ke Indonesia Akhir Pekan Ini

''ini mungkin menjadi puncak dari karier saya. Saya tidak sabar membawa negara ini untuk kembali ke turnamen besar,'' tuturnya menambahkan.

Alasan pelatih McLeish tunjuk Andy Robertson

McLeish sangat yakin memilih Robertson sebagai kapten baru Skotlandia. Ia menilai bek Liverpool itu benar-benar sosok yang pantas untuk meminpin rekan-rekannya di lapangan.

Baca Juga:
3 Alasan Kenapa Messi Tidak Masuk Nominasi Pemain Terbaik FIFA

Terlebih, pemain 24 tahun itu memiliki sikap pantang menyerah. Sikap yang sangat penting untuk seorang pemimpin.

Andy Robertson bersama pelatih Skotlandia, Alex McLeish. (Dok. Daily Record).

''Andy adalah kandidat yang luar biasa karena peningkatan karirnya di Liverpool dan Skotlandia benar-benar hebat. Dia berhasil membawa dirinya dengan baik dan ia juga seorang pemain yang sangat profesional,'' kata McLeish.

''Saya mengenal banyak pemain yang mampu menginspirasi rekan-rekan setimnya dan Andy adalah salah satunya. Kisah karirnya layaknya sebuah dongeng, di mana ia banyak mendapatkan momen berat dalam karirnya namun dia menjadi perlambang orang Skotlandia yang tidak pernah menyerah,'' tuturnya menambahkan.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo, Cetak 40 Gol Semusim di Serie A Itu Sulit!

Karier berliku Robertson yang pernah jualan roti

Saat berusia 15 tahun, Robertson pernah diberi tahu bahwa dirinya tidak akan berhasil di Celtic. Ia pun tertendang oleh Akademi Celtic karena tubuhnya yang kecil dan berat bedannya dinilai tak ideal untuk menjadi pesepak bola profesional di Britania Raya.

Hal tersebut tak membuat Robertson kecil patah semangat. Ia pun tetap berlatih sepak bola di akademi klub medioker Skotlandia, Queen's Park. Robertson tak hanya berlatih sepak bola, ia juga bekerja paruh waktu di kawasan stadion klub, Hampden Park dengan berjualan kue pai. Tiga tahun melakoni rutinityas tersebut, pada usia 18 tahun Robertson mulai bermain di level senior bersama Queen’s Park di kompetisi kasta ketiga Skotlandia.

Andy Robertson. (Twitter/@vintagesalah).

Namun, kerja keras pemuda keliharan Glasgow berhasil mengubah nasibnya. Karier hebat Robertson dimulai ketika dirinya bergabung Liverpool dari Hull City pada 2017, tetapi ia tak mampu bermain di posisi reguler hingga akhirnya dirinya melakoni debut untuk menggantikan Alberto Moreno yang cedera.

Penampilan Robertson pun di luar dugaan. Ia mampu bermain impresif dengan membantu Liverpool menang 4-3 atas Manchester City. Pada laga selanjutnya, ia menjadi anggota kunci hingga bermain di final Liga Champions musim lalu.

Pada Liga Inggris musim 2018/2019, Robertson telah bermain di semua pertandingan Liverpool dan membantu The Reds tak terkalahkan dalam empat laga.

Di panggung Internasional, Robertson memulai debut pertamanya pada 2014 saat masih bermain di Dundee United. Ia bermain dari bangku cadangan saat Skotlandia melakoni laga persahabatan kontra Polandia.

Lalu, gol pertama Robertson lahir pada akhir tahun 2014. Ia mencetak gol semata wayang ke gawang Inggris saat Skotlandia dibantai 1-3 di Celtic Park.

Skotlandia akan menghadapi belgia di Hampden Park dalam pertandingan uji coba melawan Belgia pada 7 September 2018 dan tiga hari kemudian melawan Albania di tempat yang sama.

Melawan peringkat ketiga Piala Dunia 2018 akan menjadi debut Andy Robertson sebagai kapten baru timnas Skotlandia.

Load More