Stephanus Aranditio
Timnas Korea Selatan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum bertanding melawan tim sepak bola Vietnam pada babak Semifinal Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari, Bogor, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Dhemas Reviyanto)

Bolatimes.com - Timnas Korea Selatan U-23 memastikan diri sebagai finalis Asian Games 2018 setelah mengalahkan satu-satunya wakil ASEAN yang bertahan hingga semifinal, Vietnam U-23 dengan skor 3-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (29/8/2018).

Berangkat ke Indonesia sebagai tim unggulan karena tim seniornya merupakan salah satu wakil asia di Piala Dunia, perjuangan juniornya Korea Selatan U-23 bisa dibilang sempat terseok-seok di babak penyisihan grup E Asian Games 2018.

Korsel U-23 sebenarnya tampil superior di laga perdana saat mengalahkan Bahrain dengan skor telak 6-0 sekaligus menjadi tripoin perdana mereka.

Baca Juga:
Manis, Inilah 3 Pesepakbola Indonesia yang Beristrikan Artis

Kejutan datang di laga kedua saat Malaysia mengalahkan skuat asuhan Kim Hak-bum dengan skor tipis 1-2, poin Korsel tetap tiga poin sementara Malaysia memimpin dengan enam poin. Beruntun Bahrain vs Kirgiztan hanya bermain imbang.

Striker Korea Selatan di Asian Games 2018, Hwang Ui-jo. (Juni Kriswanto/AFP).

Di partai penentuan Bahrain yang sudah berhasil mengalahkan Malaysia harus puas finis di tempat ketiga dengan empat poin karena di laga lain Korsel memastikan diri lolos ke 16 besar usai mengalahkan Kirgiztan lewat gol semata wayang kapten Son Heung-min pada menit ke-63.

Pada babak 16 besar berjalan mulus, Korsel berhasil mengalahkan salah satu wakil Asia di Piala Dunia lainnya yakni Iran U-23 dengan skor 2-0.

Baca Juga:
Joachim Low Menyesal Coret Leroy Sane dari Timnas Jerman

Drama kembali terjadi di babak delapan besar, Korsel yang bertemu Uzbekistan hampir saja tidak lolos jika saja penyerang mereka Hee Chan-hwang gagal mencetak gol pada drama saling berbalas gol selama 120 menit di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (27/8/2018).

Korsel lolos ke babak semifinal dengan skor akhir 3-4. Di babak semifinal Korsel berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-3, namun Vietnam secara mengejutkan memberikan dan menguasai pertandingan dengan unggul 52 persen pengusaan bola.

Peran Son Heung Min

Baca Juga:
Abramovich Pergi? Chelsea Akan Dapat Masalah Serius

Bintang Tottenham Hotspurs yang memperkuat skuat Korsel di Asian Games, Son Heung Min sendiri tak terlalu bersinar di pesta olahraga Asia empat tahunan ini.

Dari enam laga yang telah dilalui Korsel U-23 sejak fase grup hingga semifinal, Son empat kali turun sebagai starter. Sisanya, penyerang berusia 26 tahun itu sekali turun dari bangku cadangan, dan sekali tak turun sama sekali, yakni di laga pembuka Grup E.

Pemain timnas Korea Selatan Hwang Hee-chan (kiri) bersama Son Heung-min saat merayakan golnya kegawang tim sepak bola Uzbekistan pada babak Putra perempatfinal Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

Son sendiri baru mencetak satu gol di Asian Games 2018, gol itu pun baru tercipta di laga pamungkas grup E saat mengalahkan Kirgiztan U-23, namun diakui pelatih Kim Hak-bum, Son mempunyai peran penting selain mencetak gol untuk Korsel.

Baca Juga:
Berkali-kali Susah Hubungi Ozil, Joachim Loew Dibuat Patah Hati

''Son adalah kapten kami. Keberadaannya di tim sangat penting. Ia sangat krusial buat kami, baik dia membuat gol atau tidak,'' ujar Kim Hak-bum.

Besok Sabtu (1/9/2018) Stadion Pakan Sari, Cibinong, Bogor akan menjadi saksi bisu pertemuan antara dua raksasa Asia yakni Korea Selatan vs Jepang di partai final Asian Games 2018 tepat pukul 19:30 WIB.

Load More