Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pemain Barcelona Lionel Messi (AFP)

Bolatimes.com - Mega bintang Barcelona, Lionel Messi tidak termasuk dalam daftar tiga kandidat pemain terbaik Eropa 2018. Ketiga pemain yang terpilih menjadi nominasi adalah Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Mohamed Salah.

Bahkan, pemain asal Argentina itu tak ada diurutan keempat dari urutan calon pemain terbaik Eropa. Ia masih kalah dengan penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Keputusan itu menjadi kali kedua bagi La Pulga tak masuk dalam nominasi pemain terbaik Eropa, di mana ia juga sempat terlempar pada musim 2013/2014. Kala itu yang terpilih adalah Cristiano Ronaldo, Manuel Neuer, dan Arjen Roben.

Baca Juga:
Imutnya Penggawa Timnas Korea Selatan yang Mirip Artis K-pop Ini

Namun, yang menjadi pertanyaan, mengapa peraih lima Ballon D'Or itu tak masuk dalam nominasi pemain terbaik Eropa tersebut?

Tentunya ada banyak alasan yang menjadi sebab, akan tetapi UEFA menilai kandidat untuk masuk nominasi berdasarkan penampilan di satu musim Liga Champions. Keputusan itu pun bukan hal mengejutkan mengingat prestasi Lionel Messi dan Barcelona terbilang buruk di Liga Champions musim 2017/2018.

Pemain Barcelona Lionel Messi rayakan golnya ke gawang Chelsea [AFP]

Di Liga Champions musim 2017/2018, Messi hanya mampu mengemas enam gol dan Barcelona hanya mampu melangkah hingga babak perempat final setelah disingkirkan AS Roma. Catatan itu berbeda dengan tiga kandidat yang telah terpilih.

Baca Juga:
Pelatih Persib Komentari Performa Timnas Indonesia di Asian Games

Cristiano Ronaldo menjadi aktor penting dalam keberhasilan Real Madrid meraih Liga Champions ketiga kalinya secara berturut-turut. Pemain berjuluk CR7 itu mencetak 15 gol, sekaligus menjadi top skor Liga Champions.

Mohamed Salah tak kalah apik. Kendati dirinya tak mampu mengantarkan Liverpool meraih juara Liga Champions musim 2017/2018, tetapi penampilannya di setiap pertandingan begitu krusial. Pemain asal Mesir itu sukses mencetak 10 gol sekaligus mengantarkan final impian The Reds sejak terkahir kali mereka tampil pada 2006/2007.

Pemain Barcelona Lionel Messi saat merayakan gol ke gawang Alaves di Liga Spanyol (AFP)

Sementara Luka Modric, ia memanglah bukan mesin gol. Sepanjang Liga Champions musim lalu hanya mampu mencetak satu gol. Namun, pemain 32 tahun itu adalah otak serangan Los Blancos yang menopang kinarja Cristiano Ronaldo di lini depan.

Baca Juga:
Hujan Boneka Warnai Derby Eredivisie Feyenoord vs Excelsior

Pengumuman pemenang Pemain Terbaik Eropa akan digelar pada 30 Agustus 2018 saat pengundian grup Liga Champions 2018/2019 di Monako, Prancis.

Pemilihan pemain terbaik ini dilakukan oleh 80 pelatih di klub yang berpartisipasi di babak grup Liga Champions dan Liga Europa musim 2017/2018. serta ditambah 55 jurnalis yang dipilih grup Media Olahraga Eropa (ESM) yang mewakili masing-masing anggota asosiasi UEFA.

Baca Juga:
4 Hal yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 dari UEA

Load More