Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 berfoto bersama sebelum menghadapi tim sepak bola Palestina pada pertandingan babak penyisihan sepakbola grup A Asian Games ke 18 di Stadion Patriot, Bekasi. Rabu (15/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Bolatimes.com - Federasi sepak bola dunia (FIFA) telah merilis peringkat negara-negara dari seluruh dunia pada Kamis (16/8/2018). Ada beberapa perubahan mengejutkan setelah Piala Dunia 2018.

Kroasia menjadi negara yang mengalami peningkatan drastis, dari semula peringkat 20 meroket ke posisi empat.

Sedangkan Prancis kini menduduki peringkat terbaik FIFA setelah menjadi juara Piala Dunia 2018, diikuti Belgia dan Brasil.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Tekuk Laos 3-0 di Laga Asian Games 2018

Hasil yang mengejutkan terjadi pada Jerman, juara Piala Dunia 2014 itu terlempar jauh ke posisi 15. Padahal sebelumnya skuat Der Panzer merupakan sang peringkat pertama FIFA.

Rangking FIFA Agustus 2018. (FIFA.com).

Sementara untuk kabar dalam negeri, Indonesia tak bergeser sedikitpun. Skuat Garuda masih berada di peringkat 164 dunia dengan perolehan poin yakni 992 angka.

Jika dibandingkan dengan negara sesama Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat kelima. Vietnam menjadi negara yang mengejutkan dengan berada di peringkat 102 dunia mengungguli Filipina (105) dan Thailand (122). Myanmar kini juga telah telah menunjukan keseriusan dalam sepakbola dengan duduk di peringkat 138 dunia. Kamboja juga mulai menguntit Indonesia dengan hanya dua strip di bawah.

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Laos di Asian Games 2018

Rangking FIFA Agustus 2018. (FIFA.com).

Indonesia harus bekerja keras untuk kembali menunjukan taring sebagai Garuda Asia. Prestasi apik di Asian Games 2018 pun belum mampu menolong diperingkat FIFA, karena ajang terbesar se-Asian itu tidak masuk dalam kalender FIFA.

Load More