Galih Priatmojo
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) (Sumber: Vegit Hughes)

Bolatimes.com - Kawasan Asia mungkin tak masuk hitungan sebagai basis sepak bola dunia. Tetapi bukan berarti negara-negara di dalam kawasan tersebut kalah dalam soal pembangunan infrastruktur pendukung sepak bola utamanya terkait stadion.

Siapa sangka, sejumlah stadion bertaraf internasional nan mewah muncul di kawasan Asia bagian tenggara yang notabene prestasi sepak bolanya urung semaju kawasan Asia Timur atau di Timur Tengah.

baru-baru ini Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) merilis 16 stadion terbaik tingkat Asia. Yang membuat bangga, salah satu stadion di Indonesia ternyata masuk dalam pilihan AFC tersebut. Stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Baca Juga:
Mengejutkan, Ini Sosok Pengganti Ronaldo Menurut Penggemar Madrid

Dari pilihan AFC yang dirilis akhir tahun lalu tersebut SUGBK sejajar levelnya dengan stadion yang pernah menggelar Piala Dunia seperti Saitama 2002 Stadium dan Seoul World Cup Stadium. Dalam ulasannya, AFC menulis sejarah pembangunan SUGBK yang dibangun sebagai stadion utama penyelenggaraan Asian Games 1962. Selain itu dibahas pula bahwa stadion ini akan menjadi venue Asian Games 2018 mendatang.

SUGBK dibangun tahun 1960-1962 untuk perhelatan Asian Games 1962 di Jakarta. Stadion ini mempunyai interior hampir mirip dengan Stadion Luzhniki di Rusia. Maklum saja, presiden pertama Indonesia, Soekarno sedang gencar berkiblat ke negara-negara sosialis komunis kala itu.

Saat Piala AFC 2007, stadion ini direnovasi yang mengalami pengurangan tempat duduk dari 120.800 menjadi 88.083. Saat ini, SUGBK juga tengah berbenah diri untuk Asian Games 2018.

Baca Juga:
Klub Ini akan Juarai Liga Inggris Musim 2018/2019 Versi Komputer

Berikut 16 Stadion Terbaik di Asia Versi AFC:

1. Saitama Stadium 2002 (Saitama)
2. Seoul World Cup Stadium (Seoul)
3. Tianhe Stadium (Guangzhou)
4. Stadium Australia (Sydney)
5. Workers’ Stadium (Beijing)
6. National Stadium (Kuala Lumpur)
7. Rajamangala Stadium (Bangkok)
8. Gelora Bung Karno Stadium (Jakarta)
9. My Dinh Stadium (Hanoi)
10. Azadi Stadium (Tehran)
11. Salt Lake Stadium (Kolkata)
12. Pakhtakor Stadium (Tashkent)
13. King Fahd International Stadium (Riyadh)
14. Zayed Sports City Stadium (Abu Dhabi)
15. Khalifa International Stadium (Doha)
16. Hazza Bin Zayed Stadium (Al Ain)

Baca Juga:
Perseru Serui Bantai Persebaya Surabaya 3-1

Load More