Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Timnas Prancis. (Sumber: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bolatimes.com - Prancis berhasil mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg, Selasa (10/7/2018) malam atau Rabu dini hari WIB. Keberhasilan itu pun memunculkan fakta-fakta yang menarik.

Prancis berhasil menang berkat gol semata wayang Samuel Umtiti pada menit ke-51. Pemain 24 tahun itu berhasil memecah kebuntuan lewat tandukan kepalanya mamaksimalkan tendangan sepak pojok.

Berkat gol tersebut, Prancis berhasil menang dan sukses kembali melaju ke babak final Piala Dunia 2018. Di mana capain tersebut terakhir kali diraih pada edisi 2006. Sayang kala itu di partai final skuat Ayam Jantan takluk dari Italia lewat drama adu penalti.

Baca Juga:
Berakhir seri, Laga Sriwijaya FC vs Persija Diwarnai Hujan Kartu

Selain kisah tersebut, kemenangan Les Blues atas Rode Duivels menghadirkan deretan fakta lain yang tak kalah menarik. Melansir dari BBC, berikut Bolatimes.com menyajikan.

1. Prancis telah mencapai final Piala Dunia ketiga mereka. Sebelumnya mereka juga berhasil melakukannya pada edisi 1998 dan 2006. Jerman masih yang terbanyak dengan delapan kali dan Italia yakni enam kali.

2. Sejak pencapaian pertama mereka pada tahun 1998, Prancis kini telah mencapai lebih banyak putaran final Piala Dunia daripada negara lain (tiga kali).

Baca Juga:
3 Mantan Pemain Kelas Dunia Siap Ramaikan Liga Jepang

3. Ini adalah kekalahan pertama Belgia dalam bentuk apa pun sejak melawan Spanyol (uji coba) pada September 2016.

4. Prancis telah mengalahkan Belgia tiga kali di pertandingan Piala Dunia, lebih dari mereka mengalahkan tim lain dalam kompetisi.

5. Gol Umtiti dari sepak pojok membuat catatan 44% dari gol di Piala Dunia 2018 yang datang dari situasi set piece (69/158, termasuk penalti).

Baca Juga:
Inilah Isi Surat Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid

6. Meskipun lebih menguasai pertandingan (64%), Belgia hanya mampu melakukan sembilan tembakan, 10 lebih sedikit dari yang dilakukan Perancis (19).

7. Antoine Griezmann telah terlibat langsung dalam 20 gol dalam 20 pertandingan kompetitif terakhirnya untuk Prancis (12 gol, 8 assist).

8. Griezmann telah terlibat langsung dalam 13 dari 20 gol terakhir Prancis yang dicetak dalam turnamen-turnamen besar (Piala Dunia dan Euro), dengan sembilan gol dan empat assist.

Baca Juga:
Egy Dipastikan Perkuat Timnas U-19 Hadapi Semifinal AFF U-19

Prancis akan bersiap menghadapi laga final Piala Dunia 2018 yang akan dihelat di Stadion Luzhniki Stadium, Moskow pada Minggu (15/7/2018). Namun terkait lawan, pasukan Didier Deschamps masih harus menunggu pemenang antara Inggris kontra Krosia yang baru akan bermain Kamis ini hari WIB.

Load More