Galih Priatmojo
Timnas Belgia/Twitter

Bolatimes.com - Stadion Kazan Arena menjadi saksi terkuburnya mimpi Brasil menggapai kampium Piala Dunia untuk keenam kalinya setelah takluk dari Belgia dengan skor 2-1 di babak perempat final Piala Dunia 2018.

Belgia yang tampil luar biasa sepanjang pertandingan pun berhasil lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2018.

Laga memang berlangsung sengit, Brasil maupun Belgia tak sungkan bertukar serangan. Petaka bagi Brasil di menit 13 ketika bola hasil sepak pojok Nacer Chadli mengenai tangan gelandang Brasil, Fernandinho dan merobek jala Brasil.

Baca Juga:
Dikritik Karena Menangis saat Laga, Gimenez Dibela Netizen

Berkali-kali Brasil berusaha membalas, tetapi selalu kandas. Terlena menyerang, gawang Brasil kembali bobol pada menit 32 oleh Kevin de Bruyne, lewat tembakan keras dari luar kotak penalti setelah menerima umpan Romelu Lukaku.

Gol Kevin de Bruyne tersebut membuat keunggulan bagi Belgia. Skor 0-2 pun bertahan hingga laga babak pertama berakhir.

Baca Juga:
Tundukkan Uruguay 0-2, Prancis Jadi Tim Pertama ke Semifinal

Di babak kedua, Brasil berusaha tampil lebih agresif. Untuk menambah daya gedor, Tite memasukkan Roberto Firminho menggantikan William pada menit 48.

Sepuluh menit berselang, giliran Gabriel Jesus yang ditarik dan digantikan Douglas Costa. Sementara di menit 73 gelandang Paulinho diganti oleh Renato Augusto.

Dengan lini depan lebih segar, Brasil memang tampil lebih dominan sepanjang babak kedua. Terbukti, berdasarkan Squawka, terhitung ada sebanyak 17 kali tembakan yang mengarah ke gawang Belgia.   

Baca Juga:
Fernando Muslera Kiper Pertama yang Blunder di Perempat Final

Beruntung satu tembakan berhasil mengenai sasaran, tepatnya di menit 76 ketika Augusto mencetak gol lewat sundulan kepala menyambut umpan dari Coutinho. Skor berubah menjadi 2-1.

Terus tertekan, pelatih Belgia bermain lebih bertahan di 10 menit terakhir pertandingan. Pelatih Roberto Martinez memasukkan bek Thomas Vermaelen untuk mengganti Chadli yang menempati posisi gelandang pada menit 83. Lalu di menit 87 Lukaku ditarik keluar dan digantikan oleh seorang bek, Youri Tielemans.

Strategi Martinez itu tampaknya jitu untuk meredam gelombang serangan Brasil, karena hingga laga berakhir pada menit 95 tak ada lagi gol tercipta di laga itu.  Skor 2-1 membuat Belgia keluar sebagai pemenang.

Baca Juga:
Inggris Lolos ke Perempat Final, Fan Ini Buat Tato 23 Nama Pemain

Kemenangan tersebut memastikan Belgia berhak lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 dan akan menantang Prancis yang sudah lebih dulu lolos usai mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0.

 

Formasi dan Susunan pemain Brasil vs Belgia:

Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marceloa; Paulinho, Fernandinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus.

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Nacer Chadli, Axel Witsel, Marouane Fellaini, Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Eden Hazard.

Load More