Stephanus Aranditio
Keisuke Honda dan Makoto Hasebe (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Keisuke Honda dan Makoto Hasebe memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Jepang setelah gagal membawa Jepang ke babak delapan besar Piala Dunia 2018.

Honda yang sudah melakoni 98 pertandingan dan mencetak 37 gol untuk timnas Jepang itu mengaku legawa dengan kenyataan pahit negara Samurai Biru tersingkir di babak 16 besar.

"Ini adalah Piala Dunia terakhir bagi saya. Itulah kenyataannya. Sejujurnya, saya ingin membawa semua orang ke babak berikutnya, tetapi saya tidak bisa menyelesaikan tugas. Saya melakukan semua yang saya bisa. Saya melakukan yang terbaik yang saya bisa," kata Honda.

Baca Juga:
Video - Kocak, Anak-anak Kecil Tiru Diving Neymar

Keputusan Honda dan Hasebe disebut sebagai jalan untuk regenerasi timnas Jepang di masa depan mengingat skuat Jepang merupakan salah satu yang tertua di Piala Dunia kali ini, memiliki rata-rata usia di atas 28 tahun. 

"Saya senang karena kami memiliki banyak pemain muda yang bagus, dan sekarang giliran mereka untuk menulis sejarah sepak bola Jepang," jelas mantan pemain AC Milan itu.

Selebrasi pemain Jepang usai pastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018

Sementara itu, kapten timnas Jepang, Hasebe, mengumumkan keputusannya untuk pensiun melalui akun Instagramnya. Hasebe telah mencatatkan 114 penampilan dan dua gol bagi Jepang.

Baca Juga:
Berbeda dengan Korsel, Timnas Jepang Pulang Dapat Sambutan Hangat

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kolega saya yang sudah berjuang bersama selama 12 setengah tahun sejak 2006, dan kepada seluruh masyarakat Jepang yang sudah mendukung saya," tulis gelandang Eintracht Frankfurt.

Makoto Hasebe memutuskan pensiun di usianya yang ke 34 tahun, sementara Keisuke Honda pensiun pada umur 32.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Masuk Grup Ringan di Asian Games 2018

Load More