Rendy Adrikni Sadikin | Andiarsa Nata
Roberto Martinez pada sesi latihan Belgia di Kaliningrad (27/6), [Ozan Kose/AFP]

Bolatimes.com - Belgia berhasil melangkah maju ke babak perempat final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB. Pelatih Belgia Roberto Martinez terkesan dengan performa anak asuhnya karena bisa bangkit dari ketertinggalan.

Laga yang digelar di Stadion Rostov Arena itu Jepang tampil luar biasa. Skuat Samurai Biru itu mampu unggul 2-0 lebih dulu sebelum belgia membalikkan keadaaan. Dua gol Jepang dicetak oleh Genki Haraguchi (48') dan Takashi Inui (52').

Performa Belgia pun tidak kalah luar biasa. Tertinggal 2-0 dari Jepang sampai menit 52 tidak membuat anak asuh Roberto Martinez patah arang. Justru Eden Hazard dan kawan-kawan bangkit dan membalikkan keadaan.

Baca Juga:
Sering Lakukan Diving, Ini 5 Meme Kocak Neymar Saat Lawan Meksiko

Penggawa Belgia merayakan kemenangan atas Jepang/Twitter

Tepatnya pada menit ke-69, gol Jan Vertonghen menjadi pemicu bangkitnya tim yang berjuluk Rode Duivels ini. Berselang berapa menit, Belgia menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Marouane Fellaini pada menit 74.

Laga pun semakin panas karena hingga menit-menit akhir pertandingan skor imbang 2-2 tidak berubah. Berkat tekad kuat untuk menang, Belgia berhasil membalik keadaan di penghujung pertandingan.

Nacer Chadli menjadi pahlawan kemenangan karena berkat golnya pada menit 90+4 Belgia memebalikkan keadaan dan meraih kemenangan dengan skor akhir 3-2. Belgia pun berhak melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Guillerma Ochoa, Kiper Meksiko dengan Penyelamatan Terbanyak

Penggawa Belgia merayakan gol/Twitter

Meski mengalami penurunan performa, karena jika dilihat performa Belgia di babak grup, tim besutan Roberto Martinez ini mampu mengalahkan semua lawannya, termasuk Inggris.

Namun Roberto Martinez justru terkesan dengan performa yang ditunjukkan anak asuhnya. Skuat Belgia menunjukkan permainan luar biasa dan pantang menyerah. Ditambah lagi kemenangan itu diraih setelah membalikkan keadaan dari ketertinggalan dua gol.

"Jika Anda melihat statistik tidak banyak pertandingan di mana Anda membalikkan keadaan setelah tertinggal 2-0 di Piala Dunia. Saya pikir ini adalah kepribadian, fokus, keinginan," ungkap Martinez dikutip dari situs resmi FIFA.

Baca Juga:
Jepang Kalah, Tapi Tim Samurai Biru Pecahkan 3 Rekor Ini

"Keinginan untuk tidak menyerah dan kepercayaan para pemain untuk bangkit. Membalikkan keadaan dalam 90 menit adalah pencapaian luar biasa," pungkasnya menambahkan.

Atas hasil itu, Belgia berhak maju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Anak asuh Roberto Martinez akan berhadapan dengan Brasil yang telah berhasil menyingkirkan Meksiko.

Baca Juga:
Pelatih Jepang Tidak Percaya Belgia Bisa Cetak Gol di Menit Akhir

Load More