Agung Pratnyawan | Andiarsa Nata
Alireza Beiranvard hentikan penalti Ronaldo/Twitter

Bolatimes.com - Kiper Iran, Alireza Beiranvard menjadi salah satu dari beberapa kiper yang berhasil menghentikan tendangan penalti dari Cristiano Ronaldo pada laga terakhir Grup B Piala Dunia 2018, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB. Mungkin tidak ada yang mengetahui jika Beiranvard pernah menjadi gelandangan sebelum menjadi pemain sepak bola profesional.

Portugal mendapat perlawanan sengit dari Iran ketika bertanding di Stadion Mordovia Arena. Skuat Selecao yang diunggulkan mampu mengatasi Iran, tapi ternyata harus berjuang keras untuk menghadapi wakil Asia tersebut.

Portugal unggul lebih dulu lewat gol Ricardo Quaresma pada menit 45, tetapi Iran yang tak menyerah dapat menyamakan kedudukan di waktu injury time babak kedua lewat gol Karim Ansarifard.

Baca Juga:
Ini Deretan Foto Usai Cristiano Ronaldo Gagal Eksekusi Penalti

Tim besutan Fernando Santos sebetulnya dapat menang dari Iran. Pada menit 53 Portugal mendapat hadiah penalti usai Ronaldo dijatuhkan di dalam kotak Penalti. Tetapi sayang, hari buruk bagi Ronaldo. Pemain bintang Portugal itu gagal mengeksekusi penalti, tendangannya berhasil dimuntahkan oleh kiper Iran, Alireza Beiranvard.

Kontan saja, banyak yang bertanya siapa sosok kiper Iran yang berhasil menghentikan tendangan Ronaldo tersebut. Kiper Iran itu menjadi kiper pertama yang menggagalkan penalti pemain Portugal dalam sejarah Piala Dunia.

Baca Juga:
Satu Pelanggaran Keras di Laga Spanyol Vs Maroko Luput dari VAR

Ya, dia adalah Alireza Beiranvard. Ada cerita menarik dari kiper yang berusia 25 tahun ini sebelum dapat menjadi kiper tim nasional Iran.

Berdasarkan Sportbible, dalam perjalanan karirnya sebagai pemain sepak bola profesional, Beiranvard sempat menjadi gelandangan yang tidak mempunyai tempat tinggal. Dia harus pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk bertahan hidup.

Beiranvard juga pernah bekerja sebagai di pabrik pakaian, tukang cuci mobil, dan sebagai pembersih jalan. Bahkan dia pernah tidur di depan pintu klub yang akan mejadi tempat latihannya dan dikira seorang pengemis.

Baca Juga:
Jahat! Bandar Narkoba Sisipi Zat Kokain ke Jersey Timnas Kolombia

"Saya tidur di dekat pintu klub dan ketika saya bangun di pagi hari saya melihat koin yang dijatuhkan orang untuk saya," ungkapnya bercerita.

"Mereka mengira aku pengemis! Yah, aku sarapan lezat untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama," lanjut Beiranvard.

Namun berkat kerja kerasnya dan tekadnya, kini Beiranvard menjadi pemain sepak bola profesional dan mewujudkan impiannya untuk bermain di Piala Dunia.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Grup B, Spanyol Lolos sebagai Pemuncak Klasemen

Pada laga melawan Portugal itu juga, Beiranvard berhasil menggagalkan penalti dari pemain terbaik di dunia, Cristiano Ronaldo dan mencatatkan dirinya dalam sejarah sebagai kiper yang menghentikan tendangan penalti pemain Portugal dalam Piala Dunia.

Load More