Galih Priatmojo
Vela/Instagram

Bolatimes.com - Korea Selatan melakoni laga kedua penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 melawan Meskiko di Rostov Arena, Rusia, Sabtu (23/6).

Dalam laga yang berlangsung cukup cepat ini, untuk sementara Meksiko mengungguli Korsel di babak pertama dengan skor 1-0.

Gol pembuka Meksiko dicetak mantan penyerang Arsenal yang kini merumput di Los Angeles FC, Carlos Vela, lewat titik penalti.

Baca Juga:
Alasan Haru di Balik Selebrasi Identik Xhaka dan Shaqiri

Keunggulan ini membuat jalan pasukan Juan Carlos Osorio lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018 kian terbuka lebar.

Sebelumnya, pada laga perdana Grup F, El Tri—julukan Meksiko—secara luar biasa mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 1-0.

Pertandingan sendiri berjalan dalam tempo cukup tinggi. Meksiko yang difavoritkan pada laga ini, memberi tekanan lebih dulu kepada Ki Sungyueng dan kawan-kawan.

Baca Juga:
Belgia Pastikan Langkah ke Babak 16 Besar Usai Bantai Tunisia 5-2

Salah satunya lewat sang bomber haus gol mereka, Javier "Chicarito" Hernandez di awal-awal babak pertama. Sayangnya, sundulan eks striker Manchester United tersebut masih menyamping jauh di sisi kanan gawang Korsel.

Setelah sekitar 10 menit babak pertama berlangsung, Meksiko mulai menguasai penguasaan bola. Dengan penuh kesabaran, anak-anak El Tri membongkar lini pertahanan Korsel yang cukup rapat.

Korsel yang menerapkan formasi 4-4-2 lebih banyak bermain bertahan, sembari menunggu kesempatan serangan balik.

Baca Juga:
Lampaui Ronaldo, Lukaku Jadi Penyerang Paling Sempurna

Peluang cukup baik pun dimiliki Ki Sungyueng pada menit ke-22. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok masih bisa ditepis penjaga gawang Meksiko, Guillermo Ochoa.

Empat menit berselang, gol yang ditunggu-tunggu para pemain dan publik Meksiko pun muncul. Hal ini menyusul handball yang dilakukan Jang Hyunsoo saat mencoba mengadang umpan kapten Meksiko, Andres Guardado, di sisi kanan pertahanan Korsel. 

Carlos Vela yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan kaki kirinya sukses mengecoh penjaga gawang Korsel, Jo Hyeonwoo.

Baca Juga:
Begini Sadisnya Netizen Usai Argentina Kalah dari Kroasia

Keunggulan ini membuat Meksiko kian bernafsu untuk menambah pundi-pundi gol. Di lain pihak, Korsel hanya mengandalkan serangan balik.

Beberapa kali para pemain Meksiko punya kesempatan kembali membobol gawang lawan. Salah satunya lewat usaha yang dilakukan Hirving Lozano dari sisi kiri.

Sayang, sepakan kaki kanannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Meksiko pun bertahan hingga wasit Milorad Mazic dari Serbia meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Starting Line-up

Korsel (4-4-2): Jo Hyeonwoo; Lee Yong, Kim Younggwon, Jang Hyunsoo, Kim Minwoo; Ki Sungyueng, Jung Wooyoung, Lee Jaesung Hwang Heechan;, Son Heungmin, Lee Seungwoo

Pelatih: Shin Tae-yong

Mexico (4-2-3-1): Guillermo Ochoa; Carlos Salcedo, Hector Moreno, Edson Alvarez, Jesus Gallardo; Hector Herrera Andres Guardado; Miguel Layun, Carlos Vela, Hirving Lozano; Javier Hernandez

Pelatih: Juan Carlos Osorio

 

Tulisan ini sebelumnya sudah dimuat di suara.com

Load More