Galih Priatmojo
Brasil vs Kosta Rika/Bolatimes.com

Bolatimes.com - Kabar baik datang jelang laga Brasil hadapi Kosta Rika di laga kedua Grup E Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Dalam laga yang akan dihelat di Saint-Petersburg Arena, sang megabintang Neymar Jr berada dalam kondisi siap tempur.

Brasil sendiri dipastikan bakal ngotot untuk memetik kemenangan. Pasalnya, skuat asuhan Tite di luar dugaan hanya bisa bermain imbang 1-1 saat menghadapi Swiss di pertandingan perdananya.

Brasil tentu berharap bisa memetik kepercayaan diri dari laga ini demi memastikan satu tempat di fase perdelapanfinal. 

Baca Juga:
Dua Penggawa Real Madrid Masuk Daftar Top Skor Piala Dunia 2018

Sementara itu, Kosta Rika juga jelas masih memiliki kans besar untuk lolos ke fase gugur, mengulangi prestasi mereka di Piala Dunia empat tahun silam, meski kalah 0-1 dari Serbia di matchday 1.

Faktanya keempat tim dari Grup E masih memiliki peluang besar untuk melenggang ke babak 16 besar. Serbia saat ini ada di puncak klasemen dengan tiga poin.

Brasil, yang digadang-gadang sebagai salah satu favorit juara turnamen, ada di posisi kedua dengan satu poin, dengan jumlah angka dan selisih gol yang identik dengan Swiss di peringkat ketiga. Kosta Rika ada di peringkat buncit dengan nirpoin.

Baca Juga:
Argentina Bisa Lolos ke Babak 16 Besar dengan Syarat Jika

Pelatih Brasil, Tite telah mengonfirmasi jika Neymar siap tampil untuk laga nanti malam. Sempat mengalami masalah pada bagian engkelnya pada sesi latihan tim awal pekan ini, penyerang Paris Saint-Germain berusia 26 tahun itu ternyata siap turun dan bakal jadi tumpuan utama Brasil menghadapi Kosta Rika.

Neymar pun akan coba mencetak gol perdananya di Piala Dunia 2018, setelah tampil mengecewakan di laga kontra Swiss. Gol Brasil di laga tersebut dicetak Philippe Coutinho.

Baca Juga:
Maradona Nangis Argentina Dibantai Kroasia, Kutukan Tangan Tuhan?

Namun, bisa saja Tite menempatkan Neymar di bangku cadangan pada laga nanti. Apalagi, bila melihat skenario terburuk yang bisa saja menghampiri sang megabintang, yang di laga perdana jadi pemain yang paling banyak mendapatkan pelanggaran (10), terbanyak dialami seorang pemain di satu laga Piala Dunia dalam 20 tahun.

Menyimpan Neymar untuk mempersiapkan dia di laga penting kontra Serbia pada matchday pamungkas bisa menjadi langkah jitu bagi Tite. 

Bila benar diistirahatkan, Tite bisa menurunkan Douglas Costa. Winger yang tampil cemerlang bersama Juventus di musim 2017/2018 itu tidak tampil sama sekali di laga kontra Swiss.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Ini Miliki Follower Terbanyak

Tite juga bisa melakukan perubahan untuk posisi penyerang tunggal dalam skema 4-3-3 favoritnya. Roberto Firmino bisa diturunkan menggantikan Gabriel Jesus yang tampil di bawah form pada laga matchday 1. Firmino akan disokong Willian dan Costa dari sisi sayap. 

Tak ketinggalan, Tite juga bisa memplot Fernandinho di lini tengah, menggantikan Paulinho yang juga tampil kurang oke melawan Swiss. Fernandinho diharapkan bisa menjalin kerja sama yang lebih apik dengan Casemiro dan Coutinho di lini vital Tim Samba.

Satu masalah bagi Tite adalah fullback Danilo yang dipastikan absen menghadapi Kosta Rika, usai mengalami cedera di partai kontra Swiss. Namun, sang juru taktik sejatinya tak perlu terlalu risau. Ia bisa menurunkan bek sayap Corinthians, Fagner untuk mengisi sektor fullback kanan.

Di kubu Kosta Rika, semua pemain berada dalam kondisi fit. Penyerang Sporting CP yang pernah lama memperkuat Fulham di Liga Inggris, Bryan Ruiz, akan tetap jadi tumpuan utama Los Ticos, julukan Timmas Kosta Rika.

Pelatih Oscar Ramirez sendiri juga bisa melakukan sedikit perubahan pada komposisi starting eleven-nya.  Winger Arsenal yang kontraknya bersama The Gunners akan habis akhir bulan ini, Joel Campbell, bisa jadi starter lawan Brasil, menggantikan Marco Urena yang tampil standar saat Kosta Rika kalah dari Serbia.

Sementara itu, Christian Bolanos juga bisa menggantikan Johan Venegas untuk tampil sejak menit awal di laga kontra Brasil. Kombinasi Bolanos dan Campbell dari sisi sayap diharapkan bisa menghadirkan masalah bagi pertahanan Tim Samba.

Sejarah Pertemuan

Brasil memiliki catatan bagus dari lima pertemuan terakhir dengan Kosta Rika. Tim Samba menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Mereka mencetak 12 gol dan hanya kemasukan tiga gol.

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil XI (4-3-3): Allison, Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Casemiro, Fernandinho, Coutinho; Willian, Firmino, Neymar.

Pelatih: Tite

Kosta Rika XI (3-4-2-1): Keylor Navas; Duarte, Gonzalez, Acosta; Calvo, Guzman, Borges, Gamboa; Bolanos, Bryan Ruiz; Joel Campbell.

Pelatih: Oscar Ramirez

Load More