Stephanus Aranditio
Selebrasi Kylian Mbappe Ketika Mencetak Gol di Gawang Peru

Bolatimes.com - Prancis berhasil mengunci satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kepastian tersebut diraih usai mengalahkan Peru di pertandingan kedua Grup C.

Dalam laga yang digelar di Ekaterinburg Arena, Prancis menundukkan Peru 1-0 dengan susah payah. Gol tunggal kemenangan Les Blues dalam laga itu dibukukan oleh Kylian Mbappe di babak pertama.

Dengan hasil ini, Prancis memuncaki klasemen Grup C dengan enam poin. Diikuti Denmark di tempat kedua dengan empat poin. Sementara Peru yang menelan kekalahan di dua pertandingan, dipastikan angkat koper dari Rusia.

Baca Juga:
Prediksi Argentina Vs Kroasia, Kesempatan Kedua Lionel Messi

Di laga terakhir yang akan berlangsung pada 26 Juni mendatang, Prancis akan menghadapi Denmark.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan antara Prancis kontra Peru yang berlangsung di Ekaterinburg Arena berlangsung ketat sejak awal. Prancis yang sebelumnya diprediksi bakal mudah mendulang gol ternyata harus bekerja ekstra keras.

Baca Juga:
Pelatih Denmark Akui Kelelahan Ladeni Permainan Australia

Di 10 menit pertama, tim besutan Didier Deschamps justru lebih banyak kehilangan bola. Barisan pertahanan Les Bleus pun harus bekerja ekstra keras.

Selepas 10 menit pertama, perlahan tapi pasti Prancis mulai menemukan pola permainan mereka dan mulai mendominasi penguasaan bola.

Lewat pasing-pasing pendek, tekanan dilancarkan Les Blues. Namun belum mampu menemukan celah untuk membongkar pertahanan Peru.

Baca Juga:
Luis Milla Punya Target Khusus Jelang Hadapi Korea Selatan

Sebaliknya, Peru yang mengandalkan serangan dari sisi sayap nyaris unggul di menit 31 jika saja sepakan keras Jose Paolo Guerrero gagal diamankan Hugo Lloris.

Memasuki menit 34, Prancis akhirnya berhasil memecah kebuntuan lebih dulu. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Peru, Kylian Mbappe dengan mudah menyambar bola yang sebelumnya memantul melewati kiper di depan gawang.

Di menit 41, Prancis nyaris menggandakan keunggulan lewat serangan balik cepat yang dimotori Benjamin Pavard. Beruntung bagi Peru, Gallese yang nekat keluar dari sarangnya berhasil mengamankan si kulit bundar sebelum disambar Olivier Giroud. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum.

Baca Juga:
Mantan Pelatih PSIS Semarang Tukangi Sriwijaya FC U-19

Pemain Prancis rayakan gol Kylian Mbappe ke gawang Peru [AFP]

Pemain Prancis rayakan gol Kylian Mbappe ke gawang Peru [AFP]

Di babak kedua, kejutan terjadi. Peru yang berburu gol penyeimbang tampil ekplosif di paruh kedua pertandingan.

Sejak bola digulirkan, Peru yang bermain dengan pressing tinggi, membombardir pertahanan Les Bleus tanpa kenal lelah. Percobaan dari luar kotak penalti pun kerap dilakukan, diantaranya bahkan nyaris berbuah gol.

Seperti yang terjadi di menit 74 ketika tendangan voli yang dilepaskan Jefferson Farfan membentur tiang gawang.

Menghadapi tekanan bertubi-tubi, pelatih Prancis Didier Deschamps mulai mengubah taktik. Kylian Mbappe ditarik keluar dan digantikan dengan Ousmane Dembele. Namun, perubahan tersebut tak juga kunjung mengubah arah pertandingan. Peru tetap mendominasi.

Jelang berakhirnya waktu normal pertandingan, peluang kembali didapat Peru lewat set piece. Akan tetapi, peluang tersebut kandas setelah tendangan bebas yang dilepaskan Guerrero masih terlalu lemah dan dengan mudah diamankan Lloris.

Hingga peluit panjang dibunyikan sang pengadil, skor 1-0 untuk Les Bleus tetap bertahan.

Susunan Pemain:
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi; Olivier Giroud.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Miguel Trauco, Alberto Rodriguez, Christian Ramos, Luis Advincula; Yoshimar Yotun, Pedro Aquino; Edison Flores, Christian Cueva, Andre Carrillo; Jose Paolo Guerrero.

Load More