Galih Priatmojo
the miracle of bern/Instagram

Bolatimes.com - Turnamen terbesar sejagad akan segera dimulai akhir pekan ini. Terhitung tinggal tiga hari lagi Piala Dunia 2018 Rusia akan dihelat.

Persaingan sebanyak 32 tim kontestan dipastikan akan memberikan tontonan yang seru bagi para pecinta sepak bola dunia.

Layaknya sebuah film, Piala Dunia selalu menyuguhkan ragam situasi yang bakal mengaduk para pecinta sepak bola, drama dan ketegangan bakal mewarnai perhelatan empat tahunan sekali ini selama sebulan mendatang.

Untuk membangkitkan aura sepak bola terutama Piala Dunia yang sebentar lagi hadir, berikut sejumlah film bertema sepak bola yang bisa menjadi mood booster kamu.

Bend it Like Beckham

Film yang diproduksi tahun 2002 ini menempatkan Keira Knightley, Parminder Nagra dan Jonathan Rhys-Davies sebagai sudut pandang cerita. Kisahnya yang multi-etnis sangat menginspirasi generasi pemain perempuan.
Perpaduan asmara di luar lapangan, bumbu drama, dan aksi lapangan yang ciamik dikombinasikan dengan efek yang menyenangkan.

The Cup

Film bergenre drama ini diproduksi pada 1999. Banyak yang menyebut film The Cup adalah salah satu film sepak bola terbaik, karena didasarkan pada kejadian nyata. Plot film dimulai dari dua bocah Tibet, Palden dan Nymla, yang lari dari Tibet dan tiba di sebuah biara, yang terletak di pegunungan Himalaya.

Film ini menjelaskan usaha keras para biarawan untuk memasang sebuah parabola sehingga para warga bisa menonton siaran Piala Dunia.

Dikutip dari stuff, pengamat film dari Chicago Sun Times, Roger Ebert menyebut gagasan dan cerita di film ini sangat cerdas.

"Demonstrasi yang menyenangkan tentang bagaimana spiritualitas dapat hidup berdampingan dengan keinginan yang kuat agar Prancis mengalahkan Brasil,"tulisnya.

Escape to Victory

Tanpa perlu diperdebatkan lagi, film ini adalah film sepak bola terbaik sepanjang masa.
Berkisah tentang pasukan sekutu yang dipenjara di sebuah kamp Jerman pada masa Perang Dunia II. Tim sekutu, yang diasuh oleh kapten Inggris, John Colby, setuju bermain sepak bola melawan tim Jerman.

Mereka lantas berencana untuk kabur. Film ini sendiri banyak membahas tentang sepakbola dan dibintangi oleh Sylvester Stallone, Michael Caine, Pele, dan Sir Bobby Moore.

Fever Pitch

Film ini merupakan adaptasi dari buku Nicklough Seminal yang terbit pada 1992 tentang obsesi sepakbola.

Film ini berkisah tentang Paul, seorang pria berusia 30an yang bekerja sebagai guru di London Utara. Ketika tak sedang sibuk mengajar, ia seringkali memikirkan nasib tim pujaannya, Arsenal.

Kehidupan Paul mengalami pasang surut atau mirip dengan tim kesayangannya, yang sudah tidak pernah jadi juara selama 18 tahun.
Kehidupan Paul lantas berubah sejak ia bertemu dengan wanita bernama Sarah.

Mean Machine

Sebuah film remake dari film Burt Reynolds 1974 The Longest Yard. Film ini diproduksi pada 2001.

Film ini melibatkan Vinnie Jones (eks pemain Wimbledon) yang berperan sebagai seorang pemain sepak bola yang harus mendekam di penjara. Dari sinilah petualangan di mulai. Di dalam bui, Vinnie membangun sebuah tim sepakbola yang akan bertanding melawan tim sipir penjara.

Selain Vinnie, film ini juga didukung oleh Jason Statham.

The Miracle of Bern

Fans der Panzer tentu tak akan melewatkan film yang satu ini. Semua tahu bahwa Jerman juara Piala Dunia pertama kali tahun 1954 dan ini disebut Das Wunder von Bern, alias The Miracle of Bern.

Disutradarai oleh Sönke Wortmann, ada kisah fiksi dan nyata yang dijalin. Kisah fiksinya menceritakan tentang sebuah keluarga Jerman yang ayahnya baru kembali dari tahanan Rusia.

Sang anak adalah fan sepak bola dan menjadi saksi sejarah final timnas sepak bola Jerman menang atas Hungaria di Bern, Swiss. Perjalanan ke Bern ini merekatkan hubungan ayah dan anak tersebut.

Memakai bantuan CGI, pertandingan sepak bola yang ditampilkan terasa sangat meyakinkan. Meski sederhana, ceritanya di film ini penuh makna.

Load More