Stephanus Aranditio
Rusia Vs Arab Saudi (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Rusia berhasil membuka Piala Dunia 2018 dengan pesta lima gol tanpa balas ke gawang Arab Saudi. Rusia berpesta dihadapan 81.000 penonton yang memadati Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Dominasi tim Beruang Merah (julukan Rusia) dalam pertandingan ini sangat terlihat, selama 90 menit penuh mereka menguasai hampir 75 persen lebih wilayah penyerangan.

Berikut Bolatimes merangkum lima fakta penting di balik kemenangan Rusia atas Arab Saudi:

Baca Juga:
Cetak Brace, Cheryshev Jadi Man of the Match Laga Rusia Vs Arab

1. Yuri Gazinskiy, Pencetak Gol pertama Piala Dunia 2018

Pemain Rusia, Yuri Gazinskiy berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain ke-21 yang mencetak gol pertama di Piala Dunia. Pemain bernomor punggung 8 itu berhasil melesatkan gol pertama di laga pembuka Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Rusia Bantai Arab Saudi di Laga Pembuka Piala Dunia 2018

Umpan silang terukur yang dilepaskan Aleksandr Golovin tidak disia-siakan Yuri Gazinskiy tidak terkawal di sisi kanan gawang Abdullah. Tandukkannya pun mengubah papan skor menjadi 1-0 pada menit ke-12.

Bahkan, Gol itu tercipta lewat peluang pertama Rusia. Gazinskiy otomatis sejajar dengan legenda timnas Jerman, Philipp Lahm, yang juga mencetak gol di partai pembuka melalui peluang pertama pada Piala Dunia 2006 saat mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

2. Denis Cheryshev, Pemain pengganti pertama yang mencetak gol sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca Juga:
Rusia Vs Arab Saudi, Tuan Rumah Unggul di Babak Pertama

Dua gol yang Denis Cheryshev lesatkan pada menit ke -43 dan 90+1 menjadikan dirinya terpilih menjadi Man of the Match dalam pertandingan kali ini.  Lebih istimewa lagi, ia dinobatkan sebagai pemain pengganti pertama yang mencetak gol sepanjang sejarah Piala Dunia.

Di partai pembuka Piala Dunia 2018 itu, Cheryshev tampil sebagai pemain pengganti. Pemain berusia 27 tahun itu masuk menggantikan Alan Dzagoev yang mengalami cedera di menit 24.

Baca Juga:
Indra Sjafri Prediksi Jerman Juara Piala Dunia 2018

Statistik pertandingan menunjukkan, winger Villarreal itu melepaskan tiga tendangan ke gawang. Dengan dua diantaranya berhasil menggetarkan gawang The Green Falcon.

3. Ramalan Achilles Jitu

Si kucing tuli peramal Piala Dunia 2018, Achilles meralam Rusia bakal memenangkan pertandingan melawan Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018. 

Beberapa jam jelang pertandingan, Achilles memilih mangkuk yang berisi menu sarapannya yang berbendera Rusia. Ramalan Achiless terbukti jitu, Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi. Menarik untuk menanti ramalan Achiless selanjutnya.

4. Arab Saudi unggul penguasaan bola

Meski harus menelan kekalahan telak 0-5 dari Rusia, nyatanya Arab Saudi menunjukkan statistik yang lumayan baik dari segi penguasaan bola. Mereka berhasil menorehkan 60 persen pengusaaan bola.

Permainan bola pendek dari kaki-ke-kaki mereka terbukti cukup efektif, tercatat 442 kali atau 86 persen operan Arab Saudi sukses. Namun, lini pertahanan dan kreasi serangan wajib menjadi pekerjaan rumah besar skuat Green Falcons di laga selanjutnya.

5. Aleksandr Golovin, kartu kuning pertama di Piala Dunia 2018

Pemain Rusia, Aleksandr Golovin menjadi pemain pertama yang membuka keran kartu di Piala Dunia 2018. Pemain berusia 22 tahun itu melakukan pelanggaran kepada salah satu pemain  Arab Saudi pada menit ke-88.

Namun, Golovin pada pertandingan ini juga mencatatkan rekor sebagai pemain Rusia pertama yang menorehkan dua assist sejak 1986. Ia terlibat dalam gol yang dicetak oleh Artem Dzyuba (71') dan Yuri Gazinskiy (12'). Sama dengan Dazinskiy, Golovin otomatis menjadi pencetak assist pertama Piala Dunia 2018.

Load More