Tinwarotul Fatonah | Irwan Febri Rialdi
Timnas Spanyol. (Sumber: Instagram/@sefutbol).

Bolatimes.com - Piala Dunia merupakan salah satu ajang paling bergengsi di dunia. Banyak cara yang dilakukan federasi negara masing-masing untuk menjuarainya, terutama dengan iming-iming bonus.

Seperti yang dilakukan oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Menurut laporan Marca, RFEF sepakat memberikan bonus sebesar 825 ribu euro atau Rp 13,4 miliar untuk setiap pemain jika Andres Iniesta cs berhasil menjadi juara di Rusia.

Jumlah tersebut merupakan peningkatan dari dua edisi sebalumnya. Yang mana, RFEF memberikan bonus 600 ribu euro atau  Rp 9,8 miliar saat Spanyol juara Piala Dunia di Afrika Selatan. Lalu empat tahun berselang di Brasil, Spanyol juga dijanjikan nominal 720 ribu euro atau Rp 11,7 miliar. Sayangnya mereka justru gagal total dengan tersingkir di fase grup.

Baca Juga:
Ibrahimovic Ungkap Alasan Lain Tak Dibawa ke Piala Dunia 2018

Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018. (Sumber: Instagram/@sefutbol)

Sebagai pembanding, jumlah yang dijanjikan RFEF untuk Spanyol di Piala Dunia 2018 sangatlah besar. Pasalnya, Jerman hanya akan mendapat 350 ribu euro atau Rp 5,7 miliar per pemain jika mampu mempertahankan gelar.

Baca Juga:
PSM Vs Persebaya, 3 Poin Wajib Demi Kembali ke Puncak Klasemen

Brasil tak kalah fantastis. Federasi sepak bola Brasil (ConfederaĆ§Ć£o Brasileira de Futebol atau CBF) telah menyiapkan bonus 800 ribu euro atau Rp 13,09 miliar per pamain demi mengulang kesuksesan di Piala Dunia 2002.

Dalam hal keuangan untuk hadiah, federasi tak akan kesulitan untuk memberikan bonus yang besar. Pasalnya, Piala Dunia 2018 juga menghadirkan nominal yang fantastis. Negara yang berhasil menjadi jawara akan mendapat 33 juta euro atau hampir Rp 542 miliar.

Runner-up akan menerima 25 juta euro atau (Rp 409,3 miliar). Sementara posisi tiga diberikan 21 juta euro (Rp 343,8 miliar) dan posisi keempat akan mendapatkan biaya sekitar 19 juta euro (Rp 278,3 miliar).

Baca Juga:
Prediksi Bali United Vs Persipura, Tantangan Berat Tuan Rumah

Mereka yang tersingkir di perempatfinal masih akan mendapatkan uang sebesar 15 juta euro, sedangkan yang tersingkir di babak 16 besar akan menerima 11 juta euro (Rp 179,9 miliar).

Sebagai uang partisipasi, tiap negara di fase grup Piala Dunia 2018 kabarnya juga akan menerima 8 juta euro (Rp 130,9 miliar).

 

Baca Juga:
Kalahkan Sriwijaya FC, Barito Putera Puncaki Klasemen Liga 1

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More