Selasa, 30 November 2021
Galih Priatmojo : Senin, 21 Mei 2018 | 20:51 WIB

Bolatimes.com - Radja Nainggolan menyatakan pensiun dari Timnas Belgia. Hal tersebut diungkapkan gelandang AS Roma tersebut usai namanya tak tercantum dalam daftar skuat bayangan Timnas Belgia untuk Piala Dunia 2018 Rusia.

Dilansir dari The Sun, Pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez telah merilis 28 nama skuat bayangan yang bakal turun di pentas Piala Dunia Juni mendatang. Namun sayang, nama pemain keturunan Indonesia tersebut tak masuk dalam daftar.

Sontak keputusan ini mengundang reaksi dari para fan Belgia. Apalagi jamak diketahui bagi para fan, Nainggolan adalah sosok yang dianggap memiliki pengaruh di tubuh timnas.

Pascapemecatan Marc Wilmots pada Piala Eropa 2016 silam, Roberto Martinez datang sebagai suksesor pelatih Timnas Belgia. Namun kedatangan Martinez membuat Nainggolan berang karena ia tidak mendapat panggilan ke timnas.

Kebiasaan merokok Nainggolan ditengarai menjadi alasan utama Martinez tidak memasukkan nama sang pemain dalam skuat Belgia.

"Saya kecewa karena tidak masuk skuat Belgia setelah performa positif yang saya tampilkan pada Piala Eropa lalu. Saya adalah pribadi yang bisa menyuarakan pendapat saya, jadi saya menunjukkan kalau saya benar-benar kecewa terhadap keputusan pelatih," ujar Nainggolan.

Meski begitu, Nainggolan tampaknya tak ciut nyali. Ia menyatakan kalau ia tidak akan menghentikan kebiasaannya tersebut dan tetap siap menunjukkan performa terbaiknya saat membela Belgia.

"Saya tidak merasa malu karena saya merokok dan saya tidak pernah menyembunyikan kebiasaan tersebut. Saya tahu, saya harus menunjukkan contoh yang baik, terlebih karena saya memiliki anak. Tetapi saya hanya seorang pesepak bola yang memiliki kebiasaan merokok dan hal tersebut tidak memengaruhi penampilan di lapangan. Pelatih memiliki alasan tersendiri kenapa ia tidak memanggil saya untuk bergabung bersama tim nasional. Tetapi saya berusaha melupakan hal tersebut dan fokus untuk menunjukkan performa terbaik,"jelasnya.

Di sisi lain, Roberto Martinez bakal menggelar laga pemanasan menghadapi Portugal, Mesir dan Costa Rica dalam beberapa minggu terakhir. Sebanyak 23 nama final yang akan berangkat ke Rusia bakal dirilis usai pertandingan ujicoba pertama.

Berikut nama skuat bayangan Timnas Belgia

Toby Alderweireld
Michy Batshuayi
Christian Benteke
Dedryck Boyata
Yannick Carrasco
Koen Casteels
Nacer Chadli
Laurent Ciman
Thibaut Courtois
kevin de Bruyne
Mousa Dembele
Leander Dendoncker
Marouane Fellaini
Eden Hazard
Thorgan Hazard
Adnan Januzaj
Christian Kabasele
Vincent Kompany
Jordan Lukaku
Romelu Lukaku
Dries Mertens
Thomas Meunier
Simon Mignolet
Matz Sels
Youri Tielemans
Thomas Vermaelen
Jan Vertonghen
Axel Witsel

BACA SELANJUTNYA

Namanya Diajukan untuk Bela Timnas Indonesia, Begini Respons Sandy Walsh