Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi
Leeds United. (Sumber: Twitter/@LUFC).

Bolatimes.com - Klub kasta kedua LIga Inggris atau Divisi Championship, Leeds United harus menerima hasil memalukan pada laga perdana rangkaian tur mereka ke Myanmar pada pekan ini.

Bertanding di Thuwunna Stadium, Yangon, Rabu (9/5/2018), klub yang finis di posisi 13 Divisi Championship Inggris tersebut menelan kekalahan tipis 2-1 saat menghadapi Myanmar National League (MNL) All-Star, tim yang diisi oleh kumpulan pemain terbaik liga Myanmar.

Dua gol kemenangan MNL All-Star dicetak oleh penyerang berkebangsaan Uganda, Joseph Mpande serta striker asal Nigeria, Christopher Chizoba. Sementara satu gol balasan Leeds tercipta melalui gol penalti Samuel Saiz.

Baca Juga:
Kenalin nih Victoria Lopyreva, Duta Piala Dunia 2018

Sebenarnya, kunjungan Leeds United ke Myanmar mendapat kecaman dari banyak pihak. Hal ini lantaran suhu politik di negara Asia Tenggara tersebut belum stabil menyusul adanya kekerasan yang melibatkan etnis Rohingya.

Hampir 700.000 minoritas Muslim Rohingya Myanmar telah melarikan diri dari negara itu sejak Agustus karena operasi militer yang sedang berlangsung di Rakhine.

Kaum Rohingya. Sumber: Anadolu Agency).

Pemerintah Myanmar tidak memberikan kewarganegaraan Rohingya dan melihat mereka sebagai imigran gelap dari Bangladesh.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Nabil Fekir, Calon Gelandang Anyar Liverpool

Namun, kebijakan tur ini mendapat pembelaan dari pemilik Leeds United, Andrea Radrizzani, untuk tetap terbang ke Myanmar. Radrizzani justru menilai tur Leeds United ke Myanmar akan bermanfaat untuk masyarakat setempat.

Keputusan bos asal Italia itu pun mendapat dukungan dari para fan dari Leeds United yang hadir di Yangon, Myanmar.

Mereka menilai tur Leeds United hanyalah olah raga, tak ada kaitannya dengan politik.

Baca Juga:
Para Pemain City Antar Kepergian Yaya Toure

Fan Leeds United. (Sumber: Dok. BBC).

"Ini tidak ada hubungannya dengan politik. Kami telah membawa banyak syal dan lencana dan kami hanya akan memberikannya kepada orang-orang. Masalahnya jauh dari mana kita akan pergi. Saya mengerti mereka memiliki masalah mereka, tetapi itu bukan tentang masalah, ini tentang olahraga," kata Paul Ulla, salah satu fan Leeds United seperti dikutip Bolatimes.com dari BBC.

Selanjutnya, Leeds akan menjalani laga kedua dalam agenda tur mereka dengan menghadapi tim nasional Myanmar, Jumat (11/5/2018).

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Baca Juga:
Ini Olahraga Kesukaan Dokter Grace Joseline

Load More