Tinwarotul Fatonah | Andiarsa Nata
AS Roma vs Liverpool/Twitter

Bolatimes.com - Liverpool telah melangkahkan satu kakinya menuju final Liga Champions setelah unggul 5-2 atas AS Roma di leg pertama yang berlangsung di Anfield pada Rabu (25/4/2015).

Tetapi anak asuh Jurgen Klopp baru bisa memastikan posisinya di final Liga Champions di laga led kedua pada dini hari nanti (3/5/2017) yang berlangsung di markas AS Roma.

Pada laga leg pertama, trisula serang Liverpool, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane tampil garang dengan mencetak gol pada laga tersebut.

Baca Juga:
Video - Kilas Balik 10 Gol Menakjubkan di Piala Dunia 2010

Meskipun dalam sejarah tidak pernah terjadi sebuah klub dapat membalikkan keadaan setelah tertinggal 5-2 pada leg pertama, tetapi hal tersebut masih bisa terjadi di kota Roma.

Melihat kasus AS Roma yang bangkit dari ketinggalan defisit gol 4-1 pada leg pertama melawan Barcelona. Di Stadio Olimpico, Barcelona harus gagal lolos ke babak semi final setelah kalah 3-0, Roma lolos ke semi final Liga Champions setelah unggul agregat gol tandang.

Baca Juga:
Piala AFF 2018 -Indonesia Gabung di Grup Neraka Bersama Thailand

Sumber foto: @ChampionsLeague/Twitter

AS Roma memiliki catatan mengesankan di Stadio Olimpico, yakni I Lupi biasanya lebih kuat dalam bertahan. Hal tersebut bisa menjadi ancaman bagi The Reds.

Kali ini Bolatimes akan menyajikan 10 fakta menarik menjelang leg kedua AS Roma kontra Liverpool.

Baca Juga:
Ini Penampilan Penggawa Manchester United Bersama Pasangannya

1. Liverpool belum kalah dari AS Roma di Piala Eropa/Liga Champions dalam empat pertemuan (dua kali menang dan dua kali seri). Salah satu hasil imbang 1-1 itu terjadi di tahun 1984, dan menang 4-2 pada drama adu penalti di di Stadion Olimpico.

2. Pada laga dini hari nanti merupakan pertandingan ke-10 Liverpool di semi final Piala Eropa/Liga Champions. The Reds memiliki kesempatan untuk maju ke final tujuh kali dari sembilan kesempatan tersebut. Liverpool kalah pada 1964/65 melawan Inter Milan dan pada 2007/08 melawan Chelsea.

3. AS Roma adalah satu-satunya tim yang belum kebobolan satu gol pun di kandang pada Liga Champions musim ini (lima pertandingan). Roma juga memenangkan masing-masing dari empat pertandingan terakhir di Stadion Olimpico.

Baca Juga:
Kemenangan Real Madrid Untuk Benzema dan Zidane

4. The Reds telah mencetak 38 gol dalam kompetisi musim ini, paling banyak dilakukan oleh tim dari Liga Inggris dalam laga Liga Champions. Hanya Real Madrid (41 gol) yang mencetak lebih banyak daripada Liverpool pada musim ini.

Sumber foto: @liverpoolfc/Instagram

5. Liverpool adalah tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang tiga pemainnya telah mencetak delapan gol lebih dalam satu musim (Salah 10 gol, Firmino 10 gol, dan Mane 8 gol).

6. Mohamed Salah telah mencetak gol di masing-masing dari lima laga terakhir Liga Champions untuk Liverpool. Sebuah prestasi yang hanya dicapai oleh Steven Gerrard (antara Oktober 2007 dan Februari 2008)

7. Roberto Firmino adalah pemain tercepat dalam mencapai 10 gol di Liga Champions hanya dalam 11 pertandingan. Pencapaian yang juga pernah diraih oleh Adriano. Hanya Cristiano Ronaldo yang telah mencetak lebih banyak dari kedua pemain di atas dengan mencetak 18 gol dalam kompetisi di musim ini.

8. James Milner telah menorehkan delapan assist di Liga Champions di Liga Champions musim ini. Mencatatkan namanya dalam pemain yang menorehkan assist paling banyak. Raihan tersebut sejajar dengan Neymar.

9. Edin Dzeko telah mencetak gol di masing-masing empat pertandingan Liga Champions terakhirnya.

10. Kiper AS Roma, Alisson telah melakukan penyelamatan sebanyak 20 kali di Liga Champions yang berlangsung di Stadio Olimpico musim ini.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Load More