Galih Priatmojo
piala dunia/instagram

Bolatimes.com - Piala dunia 2002 menjadi perhelatan pentas sepak bola dunia yang spesial. Sebab pentas akbar tersebut mencetak momentum serba pertama.

Ya, Piala Dunia 2002 setidaknya menjadi pentas sepak bola terakbar pertama di milenium ketiga.

Selain itu, turnamen akbar empat tahunan sekali ini untuk kali pertama digelar di kawasan Asia.

Baca Juga:
Ini 5 Fakta dibalik Kesuksesan Barcelona Raih Kampium La Liga

Lalu, gelaran Piala Dunia 2002 menjadi gelaran pertama yang diselenggarakan di dua negara yakni Jepang dan Korea Selatan sebagai tuan rumah.

Tak hanya itu, seperti halnya ajang Piala Dunia sebelumnya, pentas Piala Dunia 2002 juga mencetak sejumlah rekor yang jadi perhatian khalayak.

Oliver Khan Pemain Terbaik Piala Dunia 2002

Baca Juga:
Tottenham Hotspur Siapkan Rp 1 triliun Untuk Boyong Duo Lazio

Jerman menjadi salah satu tim yang minim kebobolan di ajang Piala Dunia 2002. Kunci kesuksesan De Panser terutama berkat kecemerlangan kiper andalan mereka Oliver Khan.

Pemain yang dijuluki Der Titan atau si Raksasa ini sejak fase grup tampil perkasa di depan mistar gawang. Sejumlah momentum krusial di depan mulut gawang berhasil diselamatkan kiper yang telah mengoleksi titel Bundesliga sebanyak 8 kali ini.

Baca Juga:
Inovasi Baru, Bola Ini Tak Rusak Walau Ditusuk dan Dilindas Mobil

Beberapa penyelamatan krusial dilakukan Khan terutama saat menghadapi Irlandia dan Kamerun. Bisa dibilang saat itu Jerman tengah mengalami kondisi krisis dalam hal pertahanan. Beruntung skuat Bavarian masih memiliki Oliver Khan di depan mulut gawang.

Tembakan keras yang terarah, tandukan yang peluang golnya mencapai 99 persen bahkan di situasi satu lawan satu tak satupun yang mampu mengoyak gawang Jerman yang dikawal Khan. Samuel Eto'o, Ahn Jung Hwan serta Robbie Keane mengaku kesulitan untuk menjebol jala Khan.

Berkat kecemerlangannya di depan mistar, Jerman berhasil melangkah menuju final bersua Brasil. Meski pada akhirnya Khan takluk di bawah kaki Ronaldo, tetapi aksinya berjibaku menjaga gawang Jerman menempatkannya sebagai kiper terbaik di Piala Dunia 2002 kala itu. Ini merupakan torehan tertingginya di pentas sepak bola.

Gol kilat Hakan Sukur

Piala Dunia 2002 menjadi momentum paling indah untuk striker kondang asal Turki, Hakan Sukur. Top skor tiga periode bersama Galatasaray ini berhasil mencetak gol tercepat di ajang akbar tersebut.

Gol tercepat tersebut dicetak Sukur saat menghadapi Korea Selatan. Ia mencetak gol saat waktu baru berjalan 11 detik usai peluit kick off dibunyikan.

Tak hanya mencetak gol cepat, berkat sebiji sumbangan golnya Hakan Sukur turut membawa kemenangan bagi Turki atas Korea Selatan. Kemenangan itu membuat Turki meraih peringkat ketiga pada Piala Dunia 2002.

Selain itu, lesakan gol cepat yang dicetak Hakan Sukur sekaligus memecahkan rekor gol tercepat sebelumnya yang dipegang oleh pemain Cekoslowakia, Vaclav Masek yang dicetak pada Piala Dunia 1962 dengan catatan menit ke-16 saat menghadapi Meksiko.

Gol cantik Jared Borgetti ke gawang Italia

Pemain yang memutuskan gantung sepatu pada akhir tahun 2010 ini menorehkan kenangan indah saat bersama skuat Meksiko di Piala Dunia 2002.

Pemain yang telah mengoleksi 46 gol dalam 89 pertandingan internasional bersama Meksiko tersebut berhasil mencetak gol indah saat timnya bersua Italia.

Menerima umpan lambung dari lapangan tengah, pemain yang pernah berseragam Bolton Wonderes tersebut melakukan trik sundulan flick yang berhasil membuat kiper Gianluigi Buffon terperanga tak bergerak melihat bola masuk ke pojok kiri jalanya.

Sayang gol cantiknya tersebut tak mampu memberi kemenangan untuk Meksiko. Alessandro Del Piero berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulan balasan di paruh akhir babak kedua. Skor akhir 1-1.

Load More