Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
donald trump/instagram

Bolatimes.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memperingatkan negara-negara yang menentang pencalonan Amerika Serikat bersama dengan Kanada dan Meksiko untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Trump mengancam akan menarik bantuan kepada negara-negara yang menentang keputusannya itu.

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko telah bersama-sama meminta untuk menjadi tuan rumah dalam ajang sepak bola yang paling bergengsi itu selama delapan tahun.

Namun pencalonan Amerika Serikat dengan sekutunya itu mendapat saingan dari negara Maroko. Keputusan mengenai negara yang akan menjadi tuan rumah akan diputuskan oleh Kongres FIFA di Moskow pada 13 Juni 2018 nanti.

Baca Juga:
Hadapi Bahrain, Timnas Indonesia Dibayangi Memori 6 Tahun Silam

Melihat kondisi tersebut, Trump langsung menuliskan cuitan di akun twitternya.

"Amerika Serikat mengajukan permintaan untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia sepakbola 2026 bersama Kanada dan Meksiko. Sangat memalukan bila negara-negara yang selama ini mendapat dukungan bantuan dari kami akan melawan permintaan kami ini. Mengapa kami harus mendukung negara-negara yang tidak mau mendukung kami?"

Tulisan Trump di twitternya itu pun mendapat respon berupa dukungan dari Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto.

Baca Juga:
Mengenal Shahid Khan, Miliarder yang Ingin Beli Stadion Wembley

"Kami memiliki perbedaan tetapi sepak bola menyatukan kami. Bersama-sama kami mendukung tawaran Amerika, Kanada, dan Meksiko untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026,"

Selain dukungan tak sedikit pula netizen yang memprotes pernyataan Trump tersebut. Berdasarkan pantauan Bolatimes.com, berikut respon nitizen mengenai pernyataan kontroversial presiden Amerika tersebut.

@mleon42: Apakah Anda selalu harus mengancam negara lain ?!

Baca Juga:
Arsene Wenger: Saya Tidak Menyalahkan Siapa Pun

@rendog1977: Apakah kamu bercanda, Jika negara lain ingin menawari menjadi tuan rumah Piala Dunia, maka jadilah itu. Jika tidak, oh tidak apa. Memberi tahu negara lain agar mendapat dukungan itu bodoh dan kekanak-kanakan. Kami membantu negara-negara itu karena belas kasihan, bukan agar mereka melakukan sesuatu hal untuk kami.

@PalmerReport: Kenapa Anda tidak kembali ke Fox & Friends dan mengakui beberapa kejahatan

@eric_bruesch: Kebodohannya berlangsung selamanya, seperti asap kereta

Baca Juga:
Persiapan Timnas U-23 Indonesia Jelang Lawan Bahrain

 @FightWrongs: Ya, kata-kata Trump dapat merugikan tawaran 2026 AS karena aturan FIFA melarang campur tangan pemerintah.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Load More