Irwan Febri Rialdi
Timnas Basket Latvia. (Dok. FIBA)

Bolatimes.com - Latvia menjadi salah satu negara peserta Piala Dunia FIBA 2023 yang membuat kejutan. Sebagai tim debutan, mereka berhasil mengalahkan Prancis yang jadi favorit.

Pada pertandingan kedua Grup H yang berlangsung di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Minggu (27/82023) itu, Latvia menang dengan skor tipis 88-86.

Kemenangan atas Prancis ini memastikan Latvia lolos ke ronde kedua, sekaligus menyingkirkan Prancis. Pasalnya, Prancis yang menempati peringkat ketiga di Piala Dunia FIBA 2019 kalah dalam dua pertandingan.

Latvia tinggal menghadapi Kanada pada pertandingan ketiga Grup H, Selasa (29/8) untuk menentukan siapa yang memimpin klasemen. Apapun hasil yang mereka dapatkan, Latvia tetap berkah lolos ke ronde kedua.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Latvia yang jadi kuda hitam di Piala Dunia FIBA 2023?

Profil Latvia

Latvia masih menjadi bagian dari Uni Soviet saat berlaga di Piala Dunia Basket 1950 sampai 1990. Setelah Uni Soviet pecah, Latvia belum pernah lagi mencapai turnamen tertinggi bola basket ini.

Kekuatan Latvia di basket Eropa sendiri memang tidak terlalu bagus. Mereka masih ada di bawah Prancis, Spanyol, dan Jerman yang punya histori kuat di bola basket.

Namun kebangkitan Latvia mulai terlihat ketika mereka berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia Basket 2023 lewat jalur kualifikasi. Mereka bahkan meraih 11 kemenangan beruntun di babak kualifikasi.

Latvia juga berhasil menduduki peringkat kelima di Euro Basket 2017.

Latvia memang muncul sebagai kuda hitam di Piala Dunia Basket 2023, terlebih bintang mereka, Kristaps Porzingis, absen karena cedera kaki.

Namun demikian, mereka membuktikan bahwa mampu tampil solid dan diperhitungkan. Terlebih mereka datang ke Jakarta dengan persiapan sangat matang.

Latvia berhasil meraih lima kemenangan dari enam laga uji coba sebelum berangkat ke Piala Dunia Basket 2023. 

Daftar Pemain Latvia di Piala Dunia Basket 2023:

Rodions Kurucs (Forward)

Davis Bertans (Power Forward)

Dairis Bertans (Shooting Guard)

Rolands Smits (Power Forward)

Arturs Strautins (Small Forward)

Klavs Cavars (Center)

Aigars Skele (Guard)

Andrejs Grazulis (Power Forward)

Anzejs Pasecniks (Center)

Arturs Kurucs (Guard)

Arturs Zagars (Point guard)

Kristers Zoriks (point guard)

Pelatih: Luca Banchi

Prestasi Terbaik: Peringkat 5 Euro Basket 2017

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More