Irwan Febri Rialdi
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Elkan Baggott. (Instagram/@elkanbaggott)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 tidak punya banyak waktu untuk meratapi kegagalan di Piala AFF U-23 2023. Pasalnya, ada agenda penting Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang mesti dihadapi.

Timnas Indonesia U-23 hanya menjadi runner-up di Piala AFF U-23 2023 usai dikalahkan Vietnam. Namun, kejuaraan ini seharusnya tidak lebih penting nilainya dari kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kualifikasi Piala Asia U-23 dijadwalkan mulai digelar dari tanggal 6-13 September 2023 mendatang. Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Di ajang kali ini, Timnas Indonesia U-23 diprediksi bakal turun dengan kekuatan penuh lantaran jadwal pertandingan bersamaan dengan kalender FIFA.

Dengan kondisi ini, para pemain penting dan vital terlebih yang berkarier di luar negeri bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk masuk skuad Timnas Indonesia U-23.

Pun dengan para pemain penting di Liga 1 yang kemarin tidak dilepas oleh klub, harusnya sangat berpeluang bergabung ke dalam skuad.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia U-23 bisa turun dengan kekuatan terbaiknya. Mulai dari kiper, lini belakang, lini tengah, hingga sektor depan.

Untuk kiper, Ernando Ari Sutaryadi diprediksi masih akan menjadi andalan Shin Tae-yong di bawah mistar gawang. Ia sudah membuktikan kualitasnya, terbaru di Piala AFF U-23 2023.

Di lini belakang, Shin Tae-yong bisa saja memanggil nama-nama yang sudah berpengalaman di timnas senior. Di sektor bek tengah, bisa saja terwujud duet Rizky Ridho dan Elkan Baggott.

Sementara di sektor kiri, nama Pratama Arhan bisa jadi andalan dan Bagas Kaffa yang sempat cedera di Piala AFF U-23 kemarin, bisa dipanggil lagi oleh Shin Tae-yong.

Di lini tengah, nama-nama beken bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Mulai dari Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan, hingga Arkhan Fikri yang menjadi pemain terbaik Piala AFF U-23 2023.

Sementara di lini depan, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, dan Witan Sulaeman bisa menjadi opsi untuk Timnas Indonesia U-23.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024:

Formasi 4-3-1-2

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi

Bek: Rizky Ridho, Elkan Baggott, Bagas Kaffa, Pratama Arhan

Tengah: Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Arkhan Fikri

Depan: Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More