Irwan Febri Rialdi
Pivot timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena. (Bolatimes.com/Arif Budi)

Bolatimes.com - Pemain bintang Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena, kabarnya tinggal selangkah lagi bergabung dengan klub Liga Futsal Portugal, ADCR Caxinas. Sebetulnya, seberapa bagus Liga Futsal Portugal?

Dari kabar yang terbaru, Evan Soumilena saat ini tengah mempersiapkan berkasnya untuk terbang ke Portugal sebelum bergabung dengan ADCR Caxinas. Hal itu disampaikan akun Twitter @AseanFutsal.

"Evan Soumilena akan bermain dengan klub Portugal, ADCR Caxinas," tulis akun @AseanFutsal, Kamis (10/8/2023).

"Evan Soumilena saat ini sedang mengajukan Visa untuk melakukan perjalanan ke Portugal," lanjut akun tersebut.

Mengenal Liga Futsal Portugal

Kompetisi futsal di Portugal memang menjadi salah satu liga yang cukup menarik di Eropa. Di sana, kompetisi futsal dibagi menjadi empat hierarki yang berbeda. Untuk kasta tertinggi, namanya ialah Campeonato Nacional yang diikuti 14 tim.

Sebagai informasi, ADCR Caxinas yang berminat untuk mendatangkan Evan Soumilena berkompetisi di level tertinggi. Namun, pada musim 2022-2023, mereka hanya bisa finis di peringkat ke delapan klasemen akhir.

Setelah itu, kompetisi kasta keduanya bernama 2a Divisao. Divisi Kedua Liga Futsal Portugal ini diikuti sebanyak 28 tim yang dibagi menjadi dua series. Lalu, untuk Divisi Ketiga ada 3a Divisao yang diikuti 56 tim dan dibagi menjadi empat series.

Dominasi Dua Klub

Evan Soumilena tampaknya harus menghadapi lawan-lawan yang sangat dominan apabila nanti berjuang bersama ADCR Caxinas di Liga Futsal Portugal musim 2023/2024. Pasalnya, kompetisi ini dikuasai oleh dua klub yang sangat dominan, yakni Sporting CP dan Benfica.

Sampai saat ini, Sporting CP Masih menjadi klub tersukses di Liga Futsal Portugal dengan catatan 18 kali juara dan sembilan runner-up. Sementara itu, Benfica telah mencatat delapan kali juara dan 11 kali runner-up.

Ketimpangan kekuatan ini juga terlihat ketika ADCR Caxinas berjumpa Sporting CP pada fase delapan besar musim lalu. Mereka digasak dengan agregat 12-2 pada fase play-off tersebut.

Selain itu, Sporting CP dan Benfica juga punya rekam jejak mentereng di Liga Champions Futsal Eropa. Sporting CP pernah dua kali juara pada edisi 2019 dan 2021, sedangkan Benfica pernah meraihnya pada 2010.

Portugal Jadi Tim Kuat di Piala Dunia 

Selain itu, alasan lain yang membuat Liga Futsal Portugal punya kualitas yang mentereng ialah kekuatan Timnas Futsal Portugal yang cukup diperhitungkan di dunia. 

Sebab, dari total enam kali partisipasi, mereka pernah sekali meraih gelar juara. Momen ini tepatnya terjadi pada Piala Dunia Futsal 1991 yang saat itu berlangsung di Italia.

Sementara untuk level Eropa, Portugal punya dua koleksi gelar. Mereka cukup dominan selama dua edisi terakhir karena sukses menjuarai UEFA Futsal Championship edisi 2018 dan 2022.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More