Husna Rahmayunita
Aksi pemain Timnas Voli Putra Indonesia saat mengalahkan Bahrain dengan skor 3-2 di AVC Challenge Cup 2023. (Instagram/avcvolley)

Bolatimes.com - Timnas Voli Putra Indonesia tak gentar menghadapi Kazakhstan di babak 12 besar AVC Challenge 2023  meski kalah postur dari lawan.

Manajer Timnas Indonesia Loudry Maspaitella mengatakan untuk menghadapi tim Kazakhstan yang memiliki pebola voli bertubuh besar, Rivan Nulmuki dan kawan-kawan perlu menerapkan variasi permainan.

Berdasarkan pengalaman Loudry ketika masih menjadi pemain, rata-rata pemain Kazakhstan memiliki tinggi di atas 200cm. Namun, saat ini ada yang memiliki tinggi sekitar 190 cm.

Baca Juga:
Rudy Eka Siapkan Strategi Jitu Jelang Duel Timnas Putri Indonesia U-19 vs Thailand, Yakin Lolos ke Final Piala AFF U-19?

"Memang, jika dibandingkan dengan masa saat saya bermain, pemain Kazakhstan sekarang memiliki postur lebih pendek. Namun, rata-rata mereka tetap lebih tinggi dan badannya lebih besar daripada pemain Indonesia. Mereka seperti raksasa dengan tubuh yang besar. Blok mereka sangat kuat," ujar mantan tosser nasional dari era 1990-2000an itu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Loudry mengungkapkan sulit untuk melewati blok dari pemain dengan tubuh tinggi dan berotot, oleh karena itu pemain Indonesia perlu melakukan variasi dalam permainan untuk menghindari pertahanan lawan.

"Bola harus diumpan dan diarahkan jauh dari blok. Penerimaan bola pertama harus baik sehingga para tosser dapat melakukan variasi permainan," ujarnya.

Baca Juga:
Fenomenal, Legenda Jepang Kazuyoshi Miura Masih Ingin Bermain hingga Usia 56 Tahun

Kelebihan lain dari pemain dengan tubuh besar adalah kekuatan fisik yang kuat, tetapi Indonesia yang memiliki tubuh lebih kecil memiliki keunggulan dari fleksibilitas dalam permainan.

Dia juga menegaskan saat ini skuad Merah Putih dalam kondisi siap tempur

 "Semua pemain dalam keadaan baik. Mereka siap berjuang dan tidak takut menghadapi Kazakhstan. Kami optimistis menghadapi lawan nanti," ujar Loudry.

Baca Juga:
Beda dengan Taisei Marukawa, Pemain Jepang Ini Pilih Tinggalkan Klub Indonesia

Duel Timnas Voli Putra Indonesia vs Kazakhstan pada babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023 akan dimainkan di University of Taipei Gymnasium, Taiwan, Rabu (12/7).

(Antara)

Baca Juga:
Elkan Baggott Jadi Pemain Pinjaman Lagi, Pelatih Ipswich Town: Demi yang Terbaik

Load More