Irwan Febri Rialdi
Mantan atlet bulu tangkis Indonesia Debby Susanto berpose sembari menunjukkan kartu identitas media untuk Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, 14/6/2023. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Bolatimes.com - Mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Debby Susanto, mencuri perhatian di Indonesia Open 2023. Bukan karena aksinya di lapangan, tetapi dirinya yang menjadi wartawan untuk menyajikan informasi via PB INA dan Jebreeetmedia.

Debby Susanto pun menyampaikan kesan-kesannya menjadi seorang wartawan.

“Haha, ini masih belajar. Agak aneh ya, jujur, maksudnya enggak biasa karena biasanya kan saya abis main lari ke ruang presscon. Nah, sekarang baru tahu, 'Oh, ternyata media sesibuk itu ya,’ — (sehabis nonton pertandingan) dari atas (tribun), terus lari ke mixed zone, lari mengejar yang lain. Ternyata sesibuk itu, belum juga nungguin presscon,” ungkap Debby saat dijumpai wartawan di Istora Senayan Jakarta, Rabu (14/6) petang.

Baca Juga:
Mandiri Jogja Marathon 2023 Diikuti Pelari Nasional dan Internasional, Kenya hingga Jepang

Lebih lanjut, mantan rekan Praveen Jordan itu mengatakan pengalaman barunya sebagai jurnalis membuatnya lebih mengapresiasi profesi kuli tinta tersebut.

“Makanya itu jadi catatan untuk atlet juga bahwa mereka harus lebih mengapresiasi untuk media, karena perjuangannya tidak gampang itu, seharian, kan (bekerjanya). Kemarin saja (hari pertama) seharian menunggu pertandingan,” ujar peraih medali emas SEA Games 2013 Myanmar dan 2015 Singapura itu.

Saat menonton pertandingan di tribun sebagai seorang jurnalis, Debby tak menampik bahwa ia terkadang merasa “gemas” saat melihat dan menganalisis penampilan para atlet di lapangan.

Baca Juga:
Gara-gara Ini, Ketum PSSI Sebut Liga Indonesia Tak Kalah dari Premier League

“Rasanya gemas banget. Ya kadang kayak orang stres, harusnya itu pukulan lurus tuh, aku ngoceh-ngoceh sendiri, tapi langsung bilang ke diri sendiri, ‘Inget Deb, sudah pensiun’,” katanya sembari tertawa.

Debby tak menyangkal bahwa ia merasa canggung saat masuk ke ruangan berisikan puluhan jurnalis di Indonesia Open 2023, mengingat ia baru saja terjun ke dunia media. Dengan perannya di media Jebreeetmedia dan PB INA, ia diberikan kesempatan untuk belajar menjadi seorang podcaster, pembawa acara, pandit untuk narasumber, serta belajar banyak hal baru.

Sementara itu, Debby juga menyoroti bagaimana performa sektor ganda campuran Indonesia saat ini. Menurut Debby yang juga pernah menjadi bagian dari tim ganda campuran Tanah Air, regenerasi menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Baca Juga:
Pemain Keturunan Ilias Alhaft Datang ke Indonesia usai Viral Kibarkan Bendera Merah Putih, Bakal Dinaturalisasi?

“Sebenarnya kan dari dulu yang berjalan itu regenerasi,” kata Debby.

“Cuma mereka (pemain junior) bisa kok karena mereka bukan pemain muda juga, mereka banyak pengalaman jadi lebih dikasih tanggung jawab,” ujarnya menambahkan.

(Antara)

Baca Juga:
Jadwal FIFA Matchday Malam Ini: Ada 8 Pertandingan, Termasuk Argentina vs Australia

Load More