Irwan Febri Rialdi
Tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo dikalahkan juara dunia 2021 Loh Kean Yew pada babak pertama Indonesia Open 2023 dengan skor 15-21, 21-23 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)

Bolatimes.com - Pebulu tangkis tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo, menyebut faktor pertahan depan yang lemah menjadi penyebab kekalahannya atas pebulu tangkis Singapura, Loh Kean Yew, pada babak 32 besar Indonesia Open 2023.

"Tadi dia (Loh) sudah pegang permainan depan saya, jadi saya banyak terbuka dan dia bisa ambil peluang dengan baik," kata Chico saat ditemui selepas pertandingan di Istora Senayan, Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa pebulu tangkis asal Singapura itu bermain dengan tenang sejak awal pertandingan. Hal itu membuat Loh leluasa untuk mencari strategi yang tepat.

Baca Juga:
Tak Disangka, Rafael Struick Dapat Julukan Baru karena Bikin Kaum Hawa Terpincut

Ketika Loh sudah nyaman dengan strategi terbaik, justru Chico yang masih kesulitan untuk menyaingi lawannya. Ia justru terbawa ke dalam ritme lawan hingga akhirnya tertinggal pada kedua gim yang dimainkan.

"Ya pertama tadi Loh bermain dengan tenang. Saya lebih mengikuti strategi dia," ungkap Chico.

Chico sebetulnya bisa bertahan dari serangan Loh dan sanggup meladeni reli-reli keras, namun ia tak banyak menampilkan pergerakan untuk mengejar kok.

Baca Juga:
Poin FIFA yang Didapat Timnas Indonesia jika Kalahkan Palestina, Liberia Ketar-ketir

Situasi tersebut menunjukkan bahwa Chico sudah tertekan dan polanya telah dikontrol oleh tunggal putra unggulan keempat itu. Chico sempat memberikan perlawanan sengit pada akhir gim kedua yang berujung pada setting.

Selain itu, Chico juga terus menerima umpan-umpan menyulitkan dan permainan netting. Loh menunjukkan kemampuannya dalam bermain di depan net dan menjadi teknik andalannya demi mengakali permainan wakil tuan rumah.

Sayangnya Chico tetap tak bisa memperbaiki perolehan poinnya hingga akhirnya pertandingan berakhir setelah dimainkan dalam 45 menit.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi yang Akan Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia vs Palestina, Ada Eks Israel

Menyikapi kekalahannya, Chico menuturkan bahwa ia sudah bermain dengan maksimal. Bahkan teknik yang ia mainkan sudah sesuai harapan dan mengalami tekanan ketika tampil di hadapan penggemar.

"Semua sudah oke, tapi paling dari strategi permainan dan saya harus lebih enjoy. Main di sini tidak tertekan, malah sebenarnya tambah semangat," pungkas pebulu tangkis asal Jayapura, Papua itu.

(Antara)

Baca Juga:
Datang Telat, Pemain Kesayangan Shin Tae-yong Ditunjuk Jadi Kapten Lawan Palestina? Hal Ini Jadi Indikasi

Load More