Husna Rahmayunita
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Masters 2023. (Instagram/@badminton.ina)

Bolatimes.com - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky memberikan dua catatan setelah Indonesia gagal memboyong gelar juara dari Malaysia Masters 2023.

Menurutnya, performa wakil Indonesia belum baik namun cukup memuaskan meski gagal merebut gelar juara dari lima sektor.

"Dari hasil dan permainan anak-anak memang belum baik tapi cukup," kata Rionny lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Se

Baca Juga:
Publik Malaysia 'Was-was' Segrup dengan Timnas Indonesia U-23: Siap-siap Kalah Dihujat Jiran

Rionny memaparkan, setidaknya ada dua catatan penting sebagai evaluasi dari keikutsertaan pada ajang BWF Super 500 itu.

Poin pertama ialah dengan capaian tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan tunggal putra Christian Adinata yang mampu melaju hingga partai-partai terakhir.

"Christian yang main dari kualifikasi menunjukkan performa yang sangat bagus tapi sayang memang, kita tidak pernah tahu kapan musibah cedera datang," ungkap Rionny.

Baca Juga:
Mengenal Aislinn Konig, Pebasket Blasteran Calon Istri Sandy Walsh

"Gregoria juga tampil luar biasa sampai semifinal. Di final memang ada faktor-faktor non-teknis, itu yang harus lebih diperhatikan lagi. Menjadi catatan saya ke depan," tambahnya.

Catatan kedua adalah untuk para pemain dengan peringkat tertinggi yang selama ini menjadi andalan, namun nyatanya belum bisa keluar dari tekanan yang besar.

"Untuk para pemain andalan banyak yang terhenti lebih awal. Saya melihat mereka tekanan terlalu besar jadi harus lebih siap lagi, lebih fokus lagi. Kalau bisa tambah latihannya, ekstra begitu," pinta Rionny.

Baca Juga:
Iri Lihat Timnas Indonesia akan Tanding Lawan Argentina, Media Vietnam Sebut Skuad Garuda Tim Lemah di Asia

Rionny pun ingin hasil evaluasi dari Malaysia Masters itu bisa terlihat di ajang Thailand Open 2023 yang dihelat pekan ini.

Bagi Rionny hal yang terpenting sekarang ialah menjaga kondisi fisik dan proses pemulihan. Jadwal turnamen yang sangat padat mewajibkan seluruh atlet untuk menjaga stamina.

"Di Thailand Open ini memang tidak full team tapi melihat kualitas pemain banyak juga yang sudah levelnya di atas. Jadi semoga di sini kita bisa ambil gelar," harap Rionny.

Baca Juga:
Format Piala AFF U-23 2023: Hanya Juara Grup dan Satu Runner-up Terbaik Lolos ke Semifinal

Adapun kejuaraan Thailand Open 2023 bergulir pada 30 Mei-4 Juni di Indoor Stadium Huamark, Bangkok.

Load More