Rauhanda Riyantama
Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil meraih medali emas nomor individu SEA Games 2023 Kamboja. (Instagram/badminton.ina)

Bolatimes.com - Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati berhasil meraih medali emas nomor individu di SEA Games 2023 Kamboja.

Rehan/Lisa keluar meraih gelar juara setelah mengalahkan wakil Malaysia Yap Roy King/Cheng Su Yi ndengan skor 20-22, 21-8, dan 21-16 pada laga final di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Pasangan Indonesia memulai setengah gim pertama dengan serangan-serangan yang efektif. Namun, Yap/Cheng memaksa Rehan/Lisa untuk bermain cepat dengan serangan-serangan agresif mereka.

Baca Juga:
Fokus Perbaiki Lini Belakang, Bali United Dirumorkan Rekrut Bek Timnas Thailand Berdarah Malaysia Elias Dolah

Momentum pun berhasil diambil oleh ganda campuran Malaysia dengan menempatkan bola-bola yang sulit, seperti di antara kedua pemain, tipis di dalam garis lapangan, hingga tipis di depan net.

Malaysia pun sempat unggul hingga tujuh poin dari pasangan Indonesia, namun Rehan/Lisa kembali menemukan ritme mereka dan memaksa Malaysia menerima dan menahan serangan-serangan agresif mereka.

Terjadi rally panjang saat pasangan Malaysia unggul 17-13. Yap/Cheng merebut poin ke-18 dari rally tersebut, namun Rehan/Lisa tak jatuh dalam tekanan dan mengejar ketertinggalan hingga skor berimbang 18-18.

Baca Juga:
Regulasi Liga Indonesia Musim 2023/2024, Kuota Pemain Asing Resmi Bertambah

Malaysia sempat unggul 20-18, namun pasangan Indonesia mengejar lagi untuk menyamakan kedudukan 20-20. Tapi, gim pertama akhirnya dimenangkan oleh Yap/Cheng dengan skor tipis 22-20.

Tak seperti gim pertama yang berlangsung ketat, Rehan/Lisa mendominasi gim kedua dengan tampil begitu percaya diri dan yakin untuk merebut kemenangan. Pasangan Merah-Putih mencuri delapan poin pertama tanpa memberikan satu poin pun kepada lawan.

Hingga pertengahan babak, Indonesia memimpin 11-3. Perebutan poin berlangsung cukup cepat namun dengan selisih skor yang jauh, sehingga gim kedua menjadi milik Indonesia dengan skor 21-8.

Baca Juga:
Link Live Streaming Vietnam vs Myanmar, Perebutan Medali Perunggu SEA Games 2023

Pada awal gim ketiga, pertandingan berlangsung cukup sengit dengan perolehan satu hingga dua poin saja. Rally-rally panjang kembali berlangsung ketat dan kedua pasangan berusaha bertahan dari serangan lawan. Namun, pasangan Indonesia mampu tampil agresif dan kompak sehingga berhasil merebut poin demi poin.

Di pertengahan gim saat unggul 11-4, Rehan/Lisa terus menunjukkan taring dan kemampuan mereka serta tidak jatuh dalam tekanan lawan.

Keadaan hampir berbalik saat Malaysia mampu mengejar ketertinggalan bahkan menyamakan poin 13-13. Namun, Rehan/Lisa menghentikan perolehan poin pasangan Malaysia di angka 16 dan menutup kemenangan dengan skor 21-16.

Baca Juga:
Jadi Pelatih Baru RANS Nusantara FC, Eduardo Almeida: Saya Janji Lakukan yang Terbaik Tiap Hari

Dengan kemenangan tersebut, bulu tangkis telah menyumbangkan dua emas di SEA Games 2023. Satu emas itu diraih oleh beregu putra, demikian dilansir dari Antara.

Load More