Rauhanda Riyantama
Pebasket putra Filipina Justin Donta Brownlee (kiri), Philips Michael (kanan) dan Jaymar Perez (kedua kanan) berusaha menghadang pebasket Indonesia Andakara Prastawa D (kedua kiri) saat pertandingan semifinal Basket 5X5 putra SEA Games 2023, di Elephant Hall 2, Morodok Techo Indoor Sports Center, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/hp)

Bolatimes.com - Timnas Basket Putra Indonesia dipastikan gagal mempertahankan medali emas di SEA Games 2023 usai kalah lawan Filipina pada babak semifinal dengan skor 76-84 di Morodok Techo Stadium, Senin (15/5/2023).

Menyandang status juara bertahan pada SEA Games 2021, Timnas Basket Putra Indonesia kini gagal mengulang prestasi lantaran gagal lolos ke final.

Indonesia sebenarnya lebih dulu unggul atas Filipina di paruh pertama laga. Di kuarter pertama Indonesia unggul empat poin dengan 24-20, meskipun di menit-menit awal harus tertinggal lebih dulu dengan selisih empat poin.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Taklukkan Leicester City, Liverpool Panaskan Persaingan Finis di Posisi 4 Besar

Permainan yang solid dipertontonkan oleh Timnas Basket Putra sejak kuarter awal, baik dari segi serangan maupun dalam bertahan.

Pemain naturalisasi Indonesia yang berperan sebagai big man Lester Prosper tampil impresif dalam mencetak angka maupun bertahan. Prosper selalu berada di bawah ring untuk upaya rebound ofensif maupun defensif.

Berdasarkan statistik di laman resmi FIBA Asia, Prosper mencetak 26 poin dan sembilan rebound.

Baca Juga:
Eduardo Almeida Resmi Gabung Rans Nusantara FC, Siap Berikan yang Terbaik

Berkat permainan yang solid, keunggulan Indonesia terus bertambah di kuarter kedua hingga 11 poin. Namun, margin poin itu terus terpangkas di akhir kuarter kedua.

Bahkan Filipina sempat membalikkan kedudukan di awal kuarter ketiga dengan selisih tiga poin, yakni 50-53. Namun Andakara Prastawa dan kawan-kawan berhasil unggul kembali dan mengakhiri kuarter tiga dengan skor 65-60.

Filipina kemudian membalikkan keadaan di menit-menit akhir laga. Pencetak skor terbanyak dari Filipina dengan 34 poin, Justin Brownlee mencetak angka berkali-kali di akhir kuarter empat yang membuat kedudukan berubah.

Baca Juga:
Putuskan Berpisah, Persija Jakarta Resmi Lepas Top Skor SEA Games

Filipina sempat mengungguli Indonesia 10 poin hingga skor berakhir 76-84.

Dengan kekalahan ini, Timnas Basket Putra Indonesia hanya berpotensi meraih perunggu dalam pertandingan melawan Thailand yang juga kalah dari tuan rumah Kamboja di semifinal, demikian ANTARA.

Baca Juga:
Jelang Final SEA Games 2023, Erick Thohir: Juara Dulu Baru Bicara Bonus

Load More