Irwan Febri Rialdi
Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. (Facebook/Changsuek)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 patut memberikan perhatian khusus pada bek Timnas Thailand U-22 yang bernama Jonathan Khemdee saat berjumpa pada pertandingan final SEA Games 2023.

Pasalnya, Jonathan Khemdee sempat melakukan aksi-aksi provokatif saat Timnas Thailand U-22 berjumpa Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2021. Momen itu terjadi pada fase semifinal.

Dalam duel yang berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, 19 Mei 2022 itu, skuad Garuda Muda memang harus mengakui keunggulan Thailand setelah ditekuk dengan skor tipis 0-1.

Baca Juga:
Momen Shin Tae-yong Jadi Suporter Timnas Basket Indonesia, Tak Kalah Seru saat Nonton Sepak Bola

Indonesia sebetulnya sempat memberikan perlawanan sengit kepada Thailand. Sebab, saat itu pertandingannya berlangsung sampai tambahan waktu karena pada masa 2x45 menit berakhir imbang tanpa gol.

Pada pertandingan ini, Jonathan Khemdee kerap memancing emosi para pemain Indonesia. Aksi provokatif ini bahkan sampai membuat Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya diusir oleh wasit.

Pada pertandingan itu, Indonesia pada akhirnya memang hanya bermain dengan delapan pemain. Pasalnya, Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya mendapat kartu merah.

Baca Juga:
Catatan Timnas Indonesia setelah 8 Kali Lolos ke Final SEA Games, Akankah Kali Ini Sabet Emas?

Tentu saja, skuad asuhan Indra Sjafri patut berhati-hati pada pertemuan kali ini. Rizky Ridho dan kawan-kawan harus bisa mengelola emosi agar tidak terpancing aksi Jonathan Khemdee pada final SEA Games 2023.

Profil Jonathan Khemdee

Jonathan Khemdee memang menjadi salah satu pemain andalan Timnas Thailand U-22 di SEA Games 2023 yang memiliki rekam jejak mentereng. Sebab, kiprahnya sudah cukup istimewa baik di level klub maupun internasional.

Baca Juga:
Tanggapi Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023, Media Thailand Singgung Kualitas Vietnam

Sebagai informasi, Jonathan Khemdee merupakan pemain blasteran Thailand dan Denmark. Dia tercatat lahir di Surin, Thailand, pada 9 Mei 2002, tetapi kemudian dibesarkan kedua orang tuanya di Denmark.

Selama tinggal di Eropa, dia juga merasakan ekosistem pembinaan usia dini yang cukup berkualitas. Tercatat, Jonathan Khemdee pernah berlatih bersama Skarup IF.

Setelah itu, dia melanjutkan perjalanannya menimba ilmu bersama FC Svendborg (2014-2015) dan Odense Boldklub (2016-2021).

Baca Juga:
Piala Sudirman 2023: Gregoria Mariska Menang, Indonesia Unggul 3-0 atas Kanada

Pada 10 Maret 2021, Khemdee mendapatkan kesempatan untuk mencatat debut bersama klub yang disebut terakhir. Momen itu tepatnya terjadi pada laga perempat final Danish Cup 2020-2021.

Setelah itu, Khemdee meneken kontrak profesional pertamanya bersama OB pada Juli 2022. Namun, kontraknya akhirnya diakhiri lewat kesepakatan bersama pada 21 November 2002.

Dia pun memutuskan untuk kembali ke Thailand. Klub pertama yang menjadi pelabuhannya ialah Ratchaburi FC. Sejauh ini, Khemdee sudah membukukan total 11 penampilan bersama Timnas Thailand U-22 di berbagai ajang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More