Husna Rahmayunita
Black Steel FC juara AFF Futsal Club Championship 2023. (Instagram/@blacksteelfcmanokwari)

Bolatimes.com - Black Steel FC berhasil meraih gelar juara Piala AFF Futsal Klub atau AFF Futsal Club Championship 2023 setelah menaklukkan tim Thailand, Hongyen Thakam.

Duel yang berlangsung di Terminal Hall 21 Korat, Thailand, Minggu (7/5/2023) tersebut dimenangi Black Steel lewat adu penalti 4-3 setelah skor imbang 1-1 di waktu normal.

Pertandingan Black Steel FC versus Hongyen Thakam berlangsung sengit. Tim tuan rumah unggul di babak pertama lewat gol cepat Therdsak Charoenphong ketika pertandingan baru berjalan lima menit.

Baca Juga:
Musim Berakhir, Elkan Baggott Berhasrat Tembus Ipswich Town yang Baru Promosi ke Divisi Championship

Selepas itu, Black Steel FC berusaha menggempur pertahanan lawan. Namun, beberapa kali peluang termentahkan.

Di babak kedua, wakil Indonesia berusaha untuk menyamakan kedudukan. Evan Soumilena berhasil menceploskan gol ke gawang Honyen Thakam. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua usai.

Setelah perpanjangan waktu 2-5 menit berakhir, skor imbang 1-1 masih bertahan hingga berlanjut ke babak adu penalti. Di adu tos-tosan ini, Black Steel FCmenang 4-3.

Baca Juga:
5 Pemain Indonesia yang Cetak Gol di SEA Games 2023, Fajar Fathur Rahman Top Skor Sementara

Kemenangan ini sekaligus menjadi catatan apik bagi Indonesia yang meraih back to back champions AFF Futsal Club Championship setelah di tahun sebelumnya Bintang Timur Surabaya yang menjadi kampiun.

Secara keseluruhan, Black Steel sendiri tercatat menjadi klub kelima yang berhasil merengkuh gelar juara AFF Futsal Championship sejak kejuaraan ini digelar pada 2014 silam.

Pada edisi pertama 2014 di Jakarta, IPC Pelindo berhasil menjadi juara. Kemudian Port FC mendominasi dengan raihan tiga gelar beruntun dari 2015-2017.

Baca Juga:
Indra Sjafri Kaget dengan Eksperimennya, Fajar Fathur Rahman Top Skor Sementara SEA Games 2023

Klub-klub Thailand masih mendominasi di tiga musim berikutnya sebagai juara, masing-masing Bangkok BTS sekali dan Chonburi Bluewave dua kali.

Kemudian dua klub futsal Indonesia, Bintang Timur Surabaya dan Black Steel Papua, berhasil menjadi juara di dua edisi terakhir. 

Daftar Juara AFF Futsal Championship

Baca Juga:
Klasemen Medali SEA Games 2023: Geser Thailand, Indonesia Kembali ke Peringkat Kedua

2014: IPC Pelindo

2015: Port FC

2016: Port FC

2017: Port FC

2018: Bangkok BTS

2019: Chonburi Bluewave

2021: Chonburi Bluewave

2022: Bintang Timur Surabaya

2023: Black Steel FC Papua.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More