Rauhanda Riyantama
Timnas voli putra Indonesia di SEA Games 2021. [PBVSI]

Bolatimes.com - Timnas Voli Putra Indonesia menempati posisi pertama dalam daftar calon peraih medali emas SEA Games 2023, ada 3 faktor pendukung.

Dua edisi terakhir SEA Games masih menjadi milik Indonesia, status gelar juara yang masih terjaga setidaknya hingga saat ini.

Raja voli Asia Tenggara, begitulah julukan untuk Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja.

Baca Juga:
2 Pesepak Bola Thailand yang Punya Wajah Menyerupai Pemain Indonesia, Terkini Mirip Asnawi Mangkualam

Mereka berpeluang menorehkan prestasi gemilang, tiga kali beruntun meraih medali emas dari ajang SEA Games.

Timnas Voli Putra Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Singapura dan Filipina, sementara Grup B diisi Vietnam, Thailand, Malaysia dan Myanmar.

Di bawah komando Jeff Jiang Jie, Indonesia memulai kiprahnya di SEA Games 2023 dengan hasil manis. Mereka sukses mengalahkan Filipina dan Singapura dengan skor 3-0 di dua laga awal Grup A.

Baca Juga:
Jadwal SEA Games 2023 Hari Ini, Sabtu 6 Mei: Ada Big Match Thailand vs Malaysia dan Laos vs Singapura

Setidaknya ada 3 faktor pendukung yang membuat Timnas Voli Putra Indonesia mampu mengamankan medali emas SEA Games tahun ini.

Lantas apa saja faktor yang mendukung kesuksesan tim voli Indonesia di SEA Games 2023? berikut di antaranya.

1. Pengalaman Juara

Baca Juga:
PT LIB Rilis Jadwal Bali United vs PSM Makassar di Play-off Liga Champions Asia 2023/2024, Digelar 2 Leg

Timnas Voli Putra sudah menorehkan 11 medali emas sepanjang sejarah keikutsertaan di SEA Games, pengalaman bermain tentu menentukan.

Hal itu sangat berpengaruh pada mental para pemain, apalagi di saat tertinggal poin menghadapi tim-tim kuat seperti Thailand.

Status peraih medali emas SEA Games 2021 membuat Indonesia dipandang sebagai tim kuat dan kandidat kuat juara.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Wajib Waspada, Berikut 3 Pemain Timor Leste yang Diprediksi Bikin Repot

2. Head-to-head

Indonesia diprediksi mampu lolos dengan mudah dari fase grup, Kamboja, Singapura dan Filipina bukan lawan sepadan untuk Rivan Nurmulki dkk.

Torehan manis di fase grup bakal menjadi modal berharga Indonesia tampil di semifinal dan memastikan satu tempat di final.

Vietnam dan Thailand menjadi kandidat kuat calon lawan di semifinal, kedua negara ini juga memiliki rekor kurang baik saat melawan Indonesia.

3. Misi Lebih Besar

SEA Games 2023 menjadi tolok ukur kekuatan Timnas Voli Putra Indonesia menatap ajang yang lebih besar, Asian Games dan Asian Champhionship.

Hal ini dikatakan oleh Jiang Jie selaku pelatih, target tinggi yang diusung tentu bukan tanpa alasan karena memiliki skuad yang mumpuni.

Berisi para pemain senior dan junior terbaik di kelasnya, prediksi melawan Thailand di partai puncak SEA Games 2023 jadi tujuan akhir.

Indonesia diyakini bakal meraih dengan mudah medali emas dari cabang olahraga (cabor) voli putra dengan mengalahkan Thailand.

Kontributor: Eko
Load More