Rauhanda Riyantama
Pemain klub IBL, Indonesia Patriots, Jerome Anthony Beane. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Jerome Anthony Bane, pebasket naturalisasi yang akan membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023.

Timnas Basket Indonesia terbilang gencar melakukan naturalisasi untuk bisa bersaing di kompetisi-kompetisi basket internasional.

Terbaru, Timnas Basket Indonesia akan melakukan naturalisasi terhadap pebasket berkebangsaan Amerika Serikat, yakni Jerome Anthony Beane.

Baca Juga:
Menakar Kekuatan Elkan Baggott dan Jordi Amat di FIFA Matchady, Dua Bek Jangkung yang jadi Ancaman Burundi

Permohonan naturalisasi untuk pebasket berusia 28 tahun itu pun telah mendapat persetujuan Komisi III DPR RI, Senin (21/3).

Persetujuan itu diberikan oleh Komisi III DPR RI bersamaan dengan tiga pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20, yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Dengan hadirnya persetujuan itu, keempat atlet ini pun dalam waktu dekat akan menjadi WNI dan berhak membela Timnas Indonesia di kancah basket ataupun sepak bola.

Baca Juga:
Dennis Wise Bongkar Tantangan Terberat Garuda Select untuk Hadapi Huddersfield

Jika Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick akan dinaturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023, naturalisasi Jerome Anthony Beane dimaksudkan untuk membela Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023.

Tak cukup sampai di situ, pebasket yang saat ini membela Indonesia Patriots itu pun juga akan bahu membahu untuk membawa Timnas Basket bersaing di Asian Games hingga Kualifikasi Olimpiade Paris 2025.

Lantas, siapakah sosok Jerome Anthony Beane itu? Berikut profilnya.

Baca Juga:
Eks Exco PSSI Isyaratkan Pindah Federasi Shayne Pattynama Belum Rampung, Batal Bela Timnas Indonesia?

Mantan Top Skor Liga Basket Polandia

Jerome Anthony Beane merupakan pebasket yang berposisi sebagai Point Guard asal Amerika Serikat. Ia lahir di Missouri pada 6 Mei 1994 atau 28 tahun silam.

Kiprahnya di dunia basket bermula sejak masa sekolah, hingga dirinya mampu bermain di level universitas bersama Southern Illinois Salukis sejak 2012-2016.

Baca Juga:
Bingung Cara Taklukan Timnas Burundi, Shin Tae-yong Pilih Fokus Kembangkaan Taktik Pemain

Tak seperti pebasket jebolan universitas di Amerika Serikat lainnya, Anthony Beane kemudian menapaki karier profesional di Eropa.

Tercatat, ia bermain di Lukoil Academic di Liga Basket Bulgaria pada 2017, atau tepat setelah dirinya bermain di level universitas.

Di musim pertamanya di Liga Basket Bulgaria itu, ia mampu membawa Lukoil Academic menjadi juara sekaligus mempertahankan gelar yang telah didapat di dua musim sebelumnya.

Kiprahnya di Bulgaria pun mendapat atensi dari tim Liga Basket Polandia, yakni Legia Warsaw, yang kemudian merekrutnya pada 2017.

Meski tak mampu membawa Legia Warsaw menjadi kampiun, Anthony Beane mampu mencatatkan kiprah apik dengan menjadi top skor di Liga Basket Polandia.

Setelahnya, Anthony Beane berkiprah di berbagai negara Eropa lainnya, seperti Latvia bersama Ventspils (2018-2019), Spirou Charleroi di Belgia (2019-2020), Virtus Roma dan Pallacanestro Varese di Italia (2020-2022).

Usai berkelana di Eropa, Anthony Beane kemudian didatangkan oleh Indonesia Patriots untuk bermain di Liga Basket Indonesia atau IBL untuk musim 2023 ini.

Di IBL 2023 ini, Anthony Beane pun punya catatan apik, dengan rata-rata mencetak 21,0 poin per game, 4,58 assist per game, 5,5 Rebound per game, dan mencetak 2,25 Steal per game.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More