Irwan Febri Rialdi
Jeff Jiang Jie didapuk jadi pelatih tim voli putra Indonesia untuk SEA Games 2021. (Instagram/@lavani.forever)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Voli Indonesia, Jeff Jiang Jie, sudah menentukan 14 nama pemain yang akan dibawa kedalam skuad timnas voli putra untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Mayoritas adalah wajah-wajah lama yang sebelumnya mengantarkan Indonesia meraih emas SEA Games edisi sebelumnya di Vietnam. Sebut saja Dio Zulfikri, Muhammad Malizi, Doni Haryono, Nizar Julfikar, Rivan Nurmulki, Farhan Halim, Fahreza Rakha Abhinaya, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

PBVSI menyatakan bahwa pemilihan pemain ini sudah disetujui oleh pelatih kepala kepala timnas voli Indonesia Jeff Jiang. “Ada beberapa pemain senior yang tidak terpilih, seperti Sigit Ardian, Rendy, dan Dimas," ucap penanggung jawab timnas voli Indonesia Loudry Maspaitella, dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Jordi Amat Ulang Tahun, Akun Instagram JDT Ketiban Berkah dari Netizen Indonesia

"Pemilihan itu didasarkan pada masukan tim pemilih dan finalisasinya di pelatih kepala Jeff Jiang (Jiang Jie),” imbuhnya.

PBVSI juga memastikan bahwa Jeff Jiang masih akan menjadi pelatih Timnas Voli Putra Indonesia yang dibantu oleh dua asisten yaitu Erwin Rusni dan Jony Sugiyatno.

Skuad Merah Putih akan melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, mulai 27 Maret.

Baca Juga:
Hasil Sidang Paripurna, DPR RI Setujui Naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner

Lantas seperti apa dan siapa sebetulnya sosok Jeff Jiang Jie ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jeff Jiang Jie

Sosok yang akrab disapa Coach Jeff ini merupakan pelatih dari klub voli bentukan Susilo Bambang Yudhoyono, Jakarta LavAni Allo Bank. Jeff langsung membawa tim baru ini merajai Proliga.

Baca Juga:
Jelang Bulan Ramadan, Shin Tae-yong Minta Saran Ustaz untuk Para Pemain Timnas Indonesia

Sosok kelahiran Beijing, China, ini sebelumnya juga adalah seorang atlet voli. Ia sempat memperkuat klub China Army Institute of Sports pada tahun 1979.

Kehebatan Jeff sebagai pemain juga membuatnya dipercaya menjadi pemain timnas voli China dari 1984 hingga 1991 dengan mencatatkan 120 pertandingan.

Usai pensiun sebagai pemain, Jeff Jiang terjun ke dunia kepelatihan pada 1993 dengan melatih klub Yosan Star Women di China. Selain melatih di China, Jeff juga pernah melatih Selandia Baru dan meraih juara di SPC Tournament 2010 dan 2011.

Baca Juga:
Media Vietnam Bertaruh, Justin Hubner bakal Pilih Timnas Indonesia U-20 ketimbang Belanda, Ini Alasannya

Pada 2022, Jeff Jiang Jie ditunjuk menjadi pelatih Bogor LavAni—nama klub voli SBY sebelum berganti nama karena sponsor. Di musim perdananya, Jeff Jiang langsung bersinar.

Ia berhasil membawa Bogor LavAni yang saat itu masih seumur jagung, menjadi juara Proliga 2022. Atas prestasi itu, ia pun ditunjuk menjadi pelatih Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2022.

Bersama Timnas Voli Putra Indonesia, Jeff Jiang Jie juga langsung meraih hasil impresif usai menyabet medali emas SEA Games 2022 dengan mengalahkan tuan rumah Vietnam di partai final.

Di Proliga 2023, Jeff Jiang Jie yang kembali dipercaya melatih Jakarta LavAni Allo Bank, sukses membawa timnya mempertahankan gelar juara. Ia pun dipercaya lagi untuk melatih Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More